Kekuatan BLACKPINK di Amerika Dibandingkan dengan BTS Picu Perdebatan
Twitter/bts_bighit
Selebriti

BLACKPINK mengguncang pasar musik domestik dan internasional dengan comeback mereka 'How You Like That'. Kekuatan mereka di Amerika Serikat pun dibandingkan dengan BTS.

WowKeren - BLACKPINK (Black Pink) mengguncang pasar musik domestik dan internasional dengan single comeback mereka "How You Like That". Pencapaian mereka di Amerika Serikat menuai perhatian karena tak kalah membanggakan dari BTS (Bangtan Boys).

Sebenarnya bukan hanya BLACKPINK saja yang telah memamerkan kekuatan mereka di Amerika Serikat. Grup-grup seperti MONSTA X, NCT 127, Seventeen (II) hingga TWICE yang baru-baru ini comeback juga memamerkan kekuatan K-Pop dengan membuat prestasi luar biasa di sana. Tak perlu dikatakan, BTS, pelopor kesuksesan di pasar musik Amerika Serikat, dengan kuat mempertahankan prestasi mereka di berbagai tangga musik khususnya Billboard.


Kekuatan BLACKPINK di Amerika Dibandingkan dengan BTS Picu Perdebatan

Source: theqoo

Meski K-Pop telah menguat di Amerika Serikat, banyak kritikus musik memperkirakan bahwa akan sulit bagi grup K-Pop lain untuk sesukses BTS dalam beberapa tahun mendatang. Popularitas grup K-Pop yang lain tidak menjamin bahwa mereka mendapatkan tempat di sana.

Jeong Deok Hyun, seorang kritikus budaya pop, mengatakan, "BTS, yang menjamin prestasi untuk setiap album mereka dan telah memiliki fandom yang solid di Amerika Serikat, sudah merupakan pengecualian untuk penyanyi K-Pop lainnya. Sulit untuk mengatakan bahwa K-Pop mengguncang seluruh pasar Amerika Serikat hanya karena telah memasuki pasar musik sana. Pada kenyataannya, akan tepat untuk mengatakan bahwa mereka menyadari K-Pop sampai batas tertentu. Ketika pasar pop penyanyi berbahasa Inggris membuat mereka jenuh, keinginan untuk mendengarkan berbagai musik telah tumbuh, dan ini ditafsirkan sebagai hasil dari datangnya era di mana musik dari berbagai budaya hidup berdampingan."

Banyak netizen yang setuju bahwa untuk saat ini, Amerika hanya mengakui musik BTS meski popularitas K-Pop telah menguat. Namun netizen lain berdebat mengatakan kekuatan BLACKPINK juga tak kalah dari grup yang digawangi RM (Rap Monster) dan kawan-kawan itu.

"Aku senang BTS dan BLACKPINK melakukan dengan baik di sana, kenapa kalian membandingkan mereka? Aku harap mereka menghasilkan banyak mata uang asing!"

"BLACKPINK bagus, tapi sulit bagi mereka untuk berhasil di Amerika Serikat karena mereka tidak membuat lagu sendiri. Aku dapat mengkonfirmasi bahwa BTS telah berhasil di sana. Yang penting adalah bahwa BTS memproduksi lagu-lagu mereka sendiri dan menyampaikan pesan mereka kepada dunia. BTS berbeda dari grup K-Pop yang ada."

"Aku penggemar BTS dan BLACKPINK, tetapi jujur saja, di pasar Amerika Serikat dan Eropa, tidak dapat disangkal bahwa BTS berada pada level yang lebih tinggi daripada BLACKPINK."

"BTS adalah bintang top yang muncul setelah puluhan tahun di dunia. Ini BTS-Pop, bukan K-Pop."

"Kenapa orang menyangkal pencapaian BLACKPINK? Karena BLACKPINK hanya populer di Asia? Bukankah mereka grup teratas setelah BTS?"

"Akan sangat sulit untuk memiliki artis yang sesukses BTS di pasar musik Amerika Serikat dalam beberapa tahun mendatang."

"Perlu diketahui bahwa di Amerika Serikat, BTS tidak diakui sebagai K-Pop. Orang Amerika hanya tertarik pada BTS, bukan K-Pop."

"Aku penggemar BTS, tapi aku benar-benar mendukung BLACKPINK. Kenapa kalian membandingkan grup pria dengan grup wanita? Tolong hentikan."

"BTS berada di kelas lain. Titik."

"Sejujurnya, aku tidak melihat ada yang mengguncang pasar Amerika Serikat selain BTS."

Bagaimana menurut kalian?

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts