Fenomena Langka, Begini Akurnya Fandom BTS dan EXO Saling Beri Dukungan
Getty Images
Selebriti

Nominasi MTV Video Music Awards (VMA) untuk BTS dan EXO rupanya memunculkan fenomena yang cukup langka di mana kedua fandom saling mendukung satu sama lain.

WowKeren - Beberapa hari yang lalu MTV Video Music Awards (VMA) mengumumkan nominasi mereka dengan BTS (Bangtan Boys) dan EXO menerima nominasi. Hal ini rupanya memunculkan fenomena yang cukup langka di mana kedua fandom saling mendukung satu sama lain.

Untuk BTS, ini bukan pertama kalinya grup ini dinominasikan karena tahun sebelumnya mereka mencetak total 5 nominasi dan pulang dengan dua penghargaan malam itu yaitu "Best K-POP" and "Best Group". Namun untuk EXO, ini adalah kali pertama mereka dinominasikan.

Tahun ini kedua grup dinominasikan untuk kategori "Best K-POP" dan BTS dinominasikan dalam dua kategori tambahan "Best Choreography" dan "Best POP". Berita nominasi memicu beberapa percakapan dan komentar menarik dengan cara yang paling positif dari kedua fandom.

Fenomena Langka, Begini Akurnya Fandom BTS dan EXO Saling Beri Dukungan

Source: Allkpop

Meskipun EXO dan BTS menunjukkan secara terbuka persahabatan dan dukungan mereka selama bertahun-tahun, EXO-L dan ARMY mengakui bahwa mereka memiliki hubungan stereotip "anjing dan kucing". Namun hubungan mereka tampaknya berubah ketika mereka mulai tumbuh dan matang. Melihat kedua grup dinominasikan untuk acara penghargaan utama telah penggemar mengenang momen di mana mereka biasa berinteraksi satu sama lain.


Nominasi EXO untuk VMA dengan rilis hit terbaru mereka "Obsession" mendapatkan reaksi sangat positif. Beberapa penggemar berharap bahwa ini mungkin kesempatan untuk melihat EXO bersama lagi karena mereka mungkin menampilkan "Obsession" dengan beberapa teori bahwa Lay mungkin bergabung dengan mereka untuk menggantikan Suho yang kini sedang menjalani dinas militer. Banyak EXO-L dan ARMY telah berbagi bahwa mereka memang akan saling mendukung dalam voting. Mereka berbagi alasan yang menyentuh berikut ini di media sosial.

"Aku mengenal EXO lebih dulu, yang kemudian memperkenalkanku dengan BTS pada 2013. Beruntung menjadi bagian dari era di mana kedua fandom dekat sebagai saudara kandung. Pasti akan memastikan untuk memilih EXO juga sekarang."

"EXO dinominasikan hanya untuk satu kategori sehingga tidak ada alasan kenapa EXO-L tidak memilih BTS? Aku merindukan saat-saat fandom kita akan memperebutkan hal-hal bodoh. Masa-masa yang menyenangkan. ARMY mari kita bertarung untuk tahun-tahun mendatang!"

"Jelas, sebagai EXO-L saya akan memilih EXO untuk 'Best K-POP', tapi untuk kategori lain, aku sangat berharap BTS memenangkan 'Best POP' dan 'Best Choreography' suara membutuhkan waktu beberapa detik jadi aky akan membuat yakin untuk memilih mereka layak mendapatkannya. Aku terkejut mereka tidak dinominasikan untuk kategori lain juga."

"Aku sangat berharap fandom kami akan lebih rukun di masa depan. Aku menyukai EXO karena 'Obsession' dan karena aku khawatir tentang BTS yang harus mendaftar dalam 1-3 tahun ke depan dan aku ingin melihat bagaimana rasanya. Aku senang bahwa aku mendengarkan seluruh album 'Obsession' mereka adalah sebuah mahakarya. 'Trouble' adalah lagu favoritku."

"Aku melihat banyak ARMY di bawah bagian komentar EXO dan di video EXO dan BTS lainnya. Waktu telah berubah. Sangat menyenangkan bahwa kita bisa lebih akrab sekarang. Aku sangat berharap orang-orang berhenti menyebarkan negatif tentang kedua fandom. Fans toxic hanya sedikit di samping jutaan EXO-L dan ARMY yang baik yang tidak menilai berdasarkan tindakan dari penggemar palsu. Mari kita raih semua nominasi."

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts