Temuan Mengejutkan Jamur Halusinogen, Sanggup 'Sulap' Jangkrik Jadi Zombie
SerbaSerbi

Peneliti menemukan sebuah jamur bernama halusinogen yang begitu mengejutkan. Pasalnya, jamur ini sanggup mengubah sebuah jangkrik menjadi zombie. Seperti apa?

WowKeren - Studi terbaru telah mengungkap sebuah temuan mengejutkan terkait jangkrik yang diubah oleh sebuah jamur menjadi zombie. Dalam penelitian ini, sejumlah ahli telah menemukan populasi baru jangkrik yang terinfeksi secara brutal oleh satu jenis jamur parasit.

Jamur parasit berjenis psikedelik tersebut dinamakan halusinogen dan diketahui mengandung bahan kimia. Para jangkrik yang terpapar jamur itu secara otomatis akan berubah menjadi zombie cicadas karena bertingkah layaknya zombie.

Dilansir CNN, serangga-serangga tersebut berubah menjadi zombie setelah terkena jamur halusinogen lantaran berada di bawah pengaruh Massospora. Spora Massospora itu pertama-pertama akan menggerogoti alat kelamin, pantat, dan perut jangkrik.

Tubuh-tubuh jangkrik yang telah hilang tersebut kemudian langsung diganti dengan spora jamur. Jangkrik yang tubuhnya telah dipenuhi jamur ini kemudian akan menyebarkan jamurnya ke jangkrik lainnya.


Penelitian yang telah diterbitkan oleh PLOS Pathogens ini menyebutkan jika jangkrik yang telah terinfeksi jamur Massospora setidaknya masih dapat hidup layaknya zombie selama 12 atau 17 tahun di bawah tanah. Jangkrik-jangkrik tersebut juga akan terus bergerak seolah-olah tidak menyadari penyakit fatal di tubuh mereka.

Dilansir CNET, jangkrik yang terinfeksi jamur itu juga masih dapat mencoba untuk kawin. Selain itu, mereka juga masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa meskipun sebagian besar tubuh mereka telah hilang dan diambil alih oleh spora.

Ahli menjelaskan jika hasil studi menunjukkan bagaimana jangkrik yang terinfeksi jamur tersebut memiliki perilaku hiperseksual. Meskipun jangkrik yang terinfeksi kehilangan kemampuan untuk kawin ketika bagian belakangnya menjadi tempat kembang biak jamur, mereka akan tetap berusaha kawin untuk menularkan jamur secara seksual ke jangkrik yang sehat.

”Jangkrik yang terinfeksi, terlepas dari kenyataan bahwa sepertiga dari tubuh mereka telah jatuh, terus melakukan kegiatan seperti kawin dan terbang seolah-olah tidak ada yang terjadi,” jelas salah satu penulis studi, Matthew Kasson seperti dilansir dari CNN, Jumat (7/8). “Ini benar-benar sangat unik untuk jamur pembunuh serangga.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait