Selain Pakai Masker, Ini Cara untuk Hindari Penularan Corona di Tempat Tertutup
Health

Peneliti mengungkap beberapa langkah untuk menghindari terjadinya penularan wabah COVID-19 di tempat tertutup, yang bisa dilakukan oleh individu bersangkutan maupun pengelola bangunan.

WowKeren - Rencana pembukaan bioskop memang terus menjadi pembahasan panas, mengingat saat ini pandemi COVID-19 belum benar-benar terkendali. Pasalnya bioskop merupakan ruangan tertutup dengan suhu dingin, sehingga sangat berpotensi untuk menyebarkan virus.

Namun tetap saja ada beberapa cara untuk mengendalikan penyebaran wabah di dalam ruang tertutup. Dilansir dari The Conversation edisi Senin (10/8), cara terbaik menyebarkan virus adalah dengan menjauhkan orang terinfeksi.

Langkah ini sulit apabila yang bersangkutan merupakan pasien tanpa gejala. Sehingga langkah terpenting adalah memastikan ruang tertutup itu dilengkapi dengan alat untuk memompa udara segar atau membuang "udara kotor" dari dalam ruangan.

Sehingga cara paling mudah adalah memastikan jendela dan pintu tetap terbuka. Selain itu, bisa juga menggunakan kipas angin atau sistem ventilasi mekanis sehingga udara dalam dan luar ruangan bisa bertukar.

Seorang guru besar di University of Colorado Boulder, Shelly Miller, menyebutkan beberapa langkah lain yang bisa digunakan untuk menghindari penularan COVID-19 di dalam ruangan. Seperti misalnya dengan menggunakan pembersih udara.


Mesin ini nantinya bisa menghilangkan partikel-partikel kotoran di udara dengan menggunakan filter dari serat yang dirajut rapat. Nantinya mesin ini akan menangkap partikel kotoran seperti bakteri dan virus sebelum melepaskan kembali udara yang sudah bersih ke ruangan.

Untuk filter udaranya, yang paling baik adalah menggunakan bahan dengan partikulat efisiensi tinggi atau HEPA Filter. Saringan ini dikenal mampu menghilangkan sampai 99,97 persen dari semua ukuran partikel.

Langkah lain yang bisa ditempuh misalnya dengan segera meninggalkan ruangan ketika udara terasa pengap. Bagi penyedia ruangan sebaiknya selalu rutin memeriksa kondisi dan kebersihan AC yang digunakan.

Selain itu, maksimalkan pasokan udara segar. "Semakin banyak udara segar, semakin sedikit Anda menjalankan risiko resirkulasi virus melalui gedung," ujar Prof Cath Noakes dari University of Leeds.

Namun yang terpenting tentu saja setiap orang wajib melakukan protokol kesehatan dengan benar. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak satu sama lain, serta rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait