Bikin Ngilu, Begini Perjuangan Nakes Lepaskan Masker Usai Rawat Pasien Corona
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Seorang tenaga medis membagikan rekaman perjuangannya melepaskan masker sebagai salah satu komponen dari berlapis-lapis APD yang dikenakan. Video viral itu pun dibanjiri ucapan semangat dari warganet.

WowKeren - Kalau ditanya apa senjata utama tenaga kesehatan dalam melawan virus Corona tentu saja adalah alat pelindung diri (APD). Lapisan demi lapisan pelindung demi mencegah potensi tertular COVID-19 dari para pasien yang dirawat harus mereka pakai satu-persatu, dan tentu saja harus langsung dilepaskan setelah bekerja.

Baru-baru ini seorang tenaga kesehatan membagikan video singkat ketika ia melepaskan masker N95, salah satu bagian dari APD, setelah bekerja. Namun video singkat itu langsung menjadi viral karena menunjukkan bagaimana sulitnya melepaskan masker yang dilengkapi dengan tambahan perekat itu.

Dalam video yang diunggah di TikTok dengan akun @freishaputri, tampak sang nakes yang mengawali proses tersebut dengan melepaskan masker bedah sekali pakai. Rupanya di balik masker itu masih ada masker N95 yang sudah diberi tambahan perekat agar tidak ada celah yang memungkinkan virus masuk.

TikTok

Kemudian setelahnya sang nakes harus melepaskan penutup kepala, semacam cap plastik yang biasa dikenakan ketika mandi. Karena eratnya penutup tersebut, tampak ada bekas berupa garis merah memanjang di bagian dahi sang nakes, yang tentu saja perih karena iritasi.


Lalu ia mengenakan hand sanitizer sebelum mulai melepaskan masker N95 yang direkatkan langsung di kulit wajahnya. Saat itulah tampak prosesnya begitu menyakitkan, tercermin dari ekspresi sang nakes yang luar biasa menahan nyeri. Apalagi ketika berusaha menarik lepas perekat masker yang tepat ada di bawah mata, yang notabene merupakan bagian kulit paling tipis.

TikTok

"Lepas masker sampai mau nangis. Muka lecek tiap hari," tulis sang kreator video sebagai caption unggahannya. Butuh waktu beberapa detik sampai masker itu perlahan-lahan bisa terlepas, tentu saja dengan ekspresi menahan sakit dari sang nakes. Tampak beberapa kali keningnya mengernyit nyeri serta matanya dipejamkan.

Usai dilepaskan terlihat ada bekas di bagian wajahnya, yang tentu saja akan terasa perih. Iritasi semacam inilah yang harus dihadapi para nakes setiap harinya demi melindungi diri dari virus Corona yang diidap pasien.

Videonya ini pun menjadi viral dan berbuah reaksi positif dari warganet. Mereka berlomba-lomba memberikan semangat serta mendoakan agar nakes selalu diberi perlindungan sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi ini.

"Ikut ngerasain nyeri waktu ngelepas, semangat kak," ungkap S**. "Kak, semangat terus ya! Terima kasih banyak atas perjuangannya. Kami di sini mendoakan semoga Kakak dan tenaga medisnya selalu dalam lindungan Tuhan," imbuh Han***an.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts