Di Balik Kemenangan Penyanyi di Acara Musik, Mulai Persaingan Demi Trofi Sampai Encore Stage
Musik

Way, mantan personel Crayon Pop, mengungkapkan hal-hal yang pastinya membuat fans penasaran, termasuk soal persaingan serta apakah penyanyi menyanyi live di encore stage atau tidak.

WowKeren - Serba-serbi di balik acara musik mingguan mungkin tak banyak diketahui penggemar. Lewat salah satu vlog yang diunggah di channel YouTube pribadinya, Way mantan personel Crayon Pop mengungkapkan hal-hal yang pastinya membuat fans penasaran, termasuk apakah penyanyi menyanyi live di encore stage atau tidak.

Apakah para idol tahu bahwa mereka akan menang? Melihat keterkejutan di wajah para idoa saat memenangkan trofi acara musik adalah salah satu pengalaman yang paling mengharukan bagi para penggemar. Tapi apakah mereka benar-benar terkejut?

Menurut Way, idol sering kali diberi tahu tentang nominasi mereka sebelum acara berlangsung. Itu karena nominasi memengaruhi dekorasi panggung dan urutan rekaman, jadi stasiun penyiaran perlu mengomunikasikan potensi kemenangan sebelumnya.

Namun, hal itu belum pasti berjalan demikian dalam kemenangan yang sebenarnya. Way mengungkapkan bahwa perusahaan penyiaran umumnya memberitahu agensi sang idol tentang kemenangan mereka sebelumnya sehingga staf dapat menyiapkan permintaan khusus untuk encore stage.

Di Balik Kemenangan Penyanyi di Acara Musik, Mulai Persaingan Demi Trofi Sampai Encore Stage

Source: Koreaboo

Tapi, banyak agensi memilih untuk tidak membagikan kabar baik dengan artis mereka untuk memastikan kejutannya. Way mengatakan bahwa agensi Crayon Pop, Chrome Entertainment, terkadang memberi petunjuk, tapi mereka tidak pernah memberi tahu kemenangan mereka secara langsung sebelumnya.

Apakah para idol bersaing dengan sengit demi kemenangan? Meskipun mengumpulkan kemenangan adalah hal biasa bagi banyak grup besar, tapi di sisi lain, banyak grup tidak pernah menerima satu kemenangan pun sepanjang karier mereka. Jadi, masuk akal bahwa idol akan bersaing memperebutkan trofi acara musik.

Namun, Way menjelaskan bahwa persaingan antar nominator semuanya bergantung pada hubungan antara grup, membernya, dan bahkan agensinya. Idol yang mengenal satu sama lain (misalnya yang berada di agensi yang sama, yang satu sekolah, atau berpromosi pada saat yang sama) lebih sadar akan pencapaian satu sama lain yang terkadang mengarah persaingan yang lebih tinggi. Idol yang tidak mengenal satu sama lain, di sisi lain, biasanya tidak peduli tentang kemenangan satu sama lain.


"Kalau mereka mengenal orang itu, dan mereka terhubung dengan orang itu dan mereka sering dinominasikan untuk #1 bersama-sama, artinya mereka sudah berkompetisi dengan selama beberapa waktu, maka perasaan kompetitif tidak bisa dihindari," kata Way.

Apakah para idol selalu menyanyi secara live di encore stage? Menyanyi live selalu menjadi topik perdebatan di antara penggemar K-Pop, dan banyak diskusi seputar acara musik. Encore stage secara umum seharusnya 100% live, dengan hanya instrumental yang dimainkan di latar belakang, tetapi benarkah begitu?

Menurut Way, ada banyak hal yang harus dilakukan dalam membuat pertunjukan musik. Dari beberapa latihan hingga pemeriksaan audio, setiap grup melalui beberapa tahap pemantauan sebelum tampil di atas panggung. Dia kemudian menjelaskan bahwa dalam beberapa pertunjukan, hanya beberapa member yang menyanyi 100% secara live, sementara mikrofon lainnya dimatikan.

Namun, ini semua tidak berlaku saat encore. Karena grup biasanya tidak tahu apakah mereka akan menang, sulit untuk menyiapkan audio yang direkam sebagian sebelumnya. Untuk alasan itu, Way percaya bahwa pertunjukan encore semuanya live hanya dengan instrumental sebagai backup.

Apa yang para idol dengan memenangkan trofi? Pertama-tama, Way mengungkapkan bahwa tidak peduli berapa banyak member dalam sebuah grup, satu kemenangan acara musik hanya akan membawa satu trofi. Artis solo biasanya menyimpan trofinya sendiri, tapi karena grup tidak dapat membagi trofi mereka, agensi yang biasanya menyimpan trofi acara musik.

Namun selain piala itu sendiri, idol sebenarnya tidak menerima apa pun untuk memenangkan tempat pertama selain dari pengakuan, tentu saja. Tidak ada hadiah uang atau keuntungan khusus apa pun dari kemenangan acara musik.

Bagaimana perasaan para idol tentang ending stage? Saat MC acara musik mengumumkan pemenang hari itu, semua grup yang tampil hari itu diminta untuk berdiri di atas panggung bersama. Tapi meski mereka sering membuat wajah tersenyum untuk penggemar, Way mengaku bahwa artis biasanya tidak menyukai ending stage ini.

Itu karena ending stage membuat mereka tidak bisa pulang lebih awal. Semakin lama ending stage berlangsung, semakin lama artis harus berdiri dengan pakaian dan riasan yang tidak nyaman. Tentu saja, karena ini adalah puncak acara dan daya tarik besar bagi pemirsa, idol tidak boleh melewatkannya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts