Siap-Siap! Meeting Di Google Meet Tak Lagi Gratis Dan Akan Dibatasi Mulai Bulan Depan
SerbaSerbi

Siap-siap untuk mengeluarkan kocek jika ingin menikmati layanan video conference Google Meet. Pasalnya, durasi meeting secara gratis akan dibatasi mulai bulan depan. Begini penjelasannya.

WowKeren - Aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan video conference memang semakin populer di tengah pandemi virus corona. Bagaimana tidak, layanan tersebut telah membantu masyarakat untuk melakukan aktivitas pekerjaan (work from home/WFH) maupun kegiatan belajar mengajar secara online di rumah.

Salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan adalah Google Meet. Namun, Google Meet baru saja mengumumkan jika mereka akan mulai membatasi layanan gratis video conference mulai 1 Oktober 2020 mendatang.

Google Meet sendiri merupakan aplikasi meeting online yang sangat populer dan tengah bersaing ketat dengan Zoom. Jumlah pengguna Google Meet sendiri semakin melonjak begitu akses gratis tanpa batas diterapkan mulai Mei 2020 lalu.

Namun, layanan gratis tersebut akhirnya akan segera berakhir. Nantinya, Google Meet hanya akan menggratiskan video conference bagi pengguna yang memakai layanan selama 60 menit saja. Sedangkan jika rapat lebih dari 1 jam, maka pengguna wajib membayar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.


Rapat dibatasi hingga 60 menit untuk produk gratis, meskipun kami tidak akan memberlakukan batas waktu ini hingga setelah 30 September," kata Vice President & GM, G Suite, Javier Soltero, dikutip dari blog Google.

Padahal, Google Meet sebelumnya sama sekali tidak menerapkan batasan waktu dan bisa digunakan oleh peserta maksimal berjumlah 100 orang. Sayang, layanan gratis ini akan resmi berakhir pada 30 September 2020. Pengguna telah melewati durasi 1 jam bisa kembali memulai rapat dari awal dengan maksimal durasi 60 menit kembali.

”Rapat dibatasi hingga 60 menit untuk produk gratis,” kata Vice President & GM, G Suite, Javier Soltero seperti dilansir dari Blog Google, Selasa (22/9). “Meskipun kami tidak akan memberlakukan batas waktu ini hingga setelah 30 September.”

Jika pengguna merasa terganggu jika setiap satu jam rapat terhenti, Google Meet menawarkan paket berlangganan layanan mereka. Layanan premium Meet ini menyediakan paket G Suite Essentials seharga 8 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp118 ribu per bulan.

Dengan harga tersebut, pengguna dapat menikmati layanan Google Meet dengan jumlah peserta maksimal 150 orang. Tak sampai disitu, durasi yang disediakan untuk melakukan meeting online juga mencapai 300 jam.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts