Penyebab Hampir 400 Ekor Paus Mati Terdampar Masih Misteri, Ilmuwan Duga Faktor Solidaritas
AFP/Estern Australia Departem
SerbaSerbi

Adanya ikatan solidaritas yang tinggi ini juga menyulitkan para tim penyelamat. Pasalnya, saat sudah diselamatkan, paus-paus tersebut justru kembali lagi ke pantai

WowKeren - Sebanyak 380 ekor paus pilot ditemukan terdampar di pesisir barat Tasmania sejak Senin (21/9). Kasus ini diduga sebagai yang terbesar di Australia. Pada Rabu (23/9) para petugas berhasil menyelamatkan 50 ekor paus dan berupaya menyelamatkan puluhan ekor lainnya.

Kendati demikian, penyebab pasti mengapa bisa sebanyak itu paus yang terdampar masih menjadi misteri. Namun yang jelas Dr Kris Carlyon, ahli biologi di Marine Conservation Program berkomitmen pihaknya akan berupaya menyelamatkan sebanyak mungkin.

"Fokus kami tentu untuk menyelamatkan hidup para individu paus itu saat ini. Tapi di pikiran kami, ada pertanyaan apa yang terjadi," kata Kris. "Paus yang kami selamatkan, kami anggap sebagai kemenangan. Kami fokus menyelamatkan sebanyak mungkin yang kami bisa."

Para ilmuwan pun menduga-duga faktor yang mungkin dari fenomena itu. Salah satunya adalah hubungan sosial yang sangat erat di antara paus-paus tersebut. Ikatan solidaritas yang sangat erat membuat paus-paus tersebut mengikuti seekor pemimpin di antara mereka. Sehingga ketika satu ekor terdampar maka paus lain yang juga mengikutinya akan ikut menuju ke arah yang sama.


"Mungkin hanya satu kesalahan yang dilakukan oleh satu atau dua dari mereka," kata Kris menjelaskan. "Dan karena paus pilot adalah spesies sosial, yang mungkin telah menarik hewan lain masuk."

Adanya ikatan solidaritas yang tinggi ini rupanya juga menyusahkan para tim penyelamat untuk melakukan tugas mereka. Pasalnya, saat sudah diselamatkan, paus-paus tersebut justru kembali lagi ke pantai dan kembali terdampar.

Ilmuwan kelautan, Vanessa Pirotta, mengatakan jika paus-paus itu kemungkinan mengalami stres. Mereka mengikuti suara dari kawanan mereka atau bahkan kehilangan orientasi.

"Mereka mungkin mendengar suara dari yang lain atau mereka kehilangan orientasi," kata Vanessa. "Dan dalam kasus ini mereka sangat stress, dan mungkin juga sangat lelah sehingga dalam beberapa kasus, mereka tidak tahu sedang di mana berada."

Paus pilot merupakan salah satu spesies laut yang paling sering ditemukan terdampar. Namun jumlah yang terjadi kali ini adalah rekor tersendiri.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru