Sempat Heboh Akan Dijual, Surat Nikah-Cerai Soekarno dan Inggit Kini Diserahkan ke Negara
Nasional

Sempat akan dijual online, dokumen surat nikah-cerai milik Presiden Pertama RI Soekarno dan Inggit Ganarsih akan diserahkan ke negara melalui perantara Pemprov Jawa Barat.

WowKeren - Dunia maya beberapa waktu lalu dihebohkan dengan dua dokumen penting milik Presiden Pertama RI Soekarno yang dijual di medsos. Dua dokumen itu yakni surat nikah dan surat cerai tokoh proklamator tersebut dengan Inggit Ganarsih.

Kekinian, dokumen penting tersebut akan segera segera diserahkan ke negara. Hal itu diungkapkan Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad Nina Herlina Lubis.

Dokumen serta barang peninggalan Inggit diserahkan ke negara melalui perantara Pemprov Jabar. "Jadi ini mereka ini rapat tanpa Pak Tito karena Pak Tito tak bisa dihubungi, kemarin hari Minggu rapat dan sepakat mengikuti anjuran saya yaitu ini diserahkan kepada negara dan biarkan negara memberikan uang sesuai kemampuan negara," kata Nina, Senin (28/9).

Nina menambahkan, kesepakatan di antara ahli waris Inggit dilakukan tanpa kehadiran Tito Asmarahadi. Pihak keluarga menggelar rapat pada Minggu (27/9).


Menurutnya, Tito tak bisa bertindak sendiri atas barang peninggalan Inggit sebab masih ada ahli waris Inggit lainnya. Diketahui, Inggit mengangkat dua anak yakni Ratna Juami dan Kartika. Ratna dan suaminya dikaruniai tujuh orang anak sedangkan Kartika dikaruniai enam orang anak.

Sebagaimana diketahui, barang peninggalan Inggit hendak dijual untuk memenuhi wasiat membangun sekolah dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. "Jadi dulu kan Bu Inggit itu mengangkat anak Ratna Juami terus Ratna Juami menikah dengan Asmarahadi punya anak tujuh. Terus mengambil anak lagi Kartika dari Flores, ini punya anak enam. Sekarang Ibu Ratna Juami memang sudah meninggal tapi Ibu Kartika masih ada," paparnya.

Lebih lanjut, Nina mengatakan bahwa ahli waris Inggit bakal menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung. Informasi yang dihimpun, ada tujuh ahli waris Inggit yang akan bertemu Ridwan Kamil. Mereka akan bertemu tanpa kehadiran Tito. "Nah, hari ini siang Pak Gubernur akan menerima kami, jadi saya dengan ahli waris yang lain kecuali Pak Tito," pungkasnya.

Sebelumnya, kabar penjualan surat nikah Presiden Soekarno ini mencuat di sebuah akun Instagram bernama @popstoreindo pada Kamis (24/9) lalu, yang kini telah dihapus. Dalam postingannya, akun ini mengunggah foto surat nikah dan akta cerai.

"Seorang bapak di Bandung menawarkan surat nikah dan surat cerai asli Presiden pertama RI Ir. Soekarno dan Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit," demikian tulisan dalam akun Instagram @popstoreindo, Kamis (24/9). "Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini, baru tau juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH. Mas Mansoer."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait