Jangan Lengah! Lolos Seleksi CPNS Tak Otomatis Jadi PNS Karena Alasan Ini
Nasional

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengingatkan bahwa peserta yang sudah lolos seleksi CPNS tidak otomatis diangkat menjadi PNS. Begini penjelasan selengkapnya.

WowKeren - Saat ini seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 masih berlangsung, yakni di tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) yang hasilnya siap diumumkan pada 30 Oktober 2020 mendatang. Bila lolos sampai tahap akhir, yakni pemberkasan, maka yang bersangkutan sudah resmi menjadi CPNS.

Namun yang wajib diingat, CPNS yang sudah lolos seleksi ini tak serta-merta bisa menyandang status sebagai PNS. Hal ini diungkap oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, sekaligus mengungkap persyaratan agar bisa menjadi PNS.

Menurut Bima, CPNS yang bersangkutan harus melalui beberapa tahapan untuk bisa menjadi PNS, salah satunya berhasil mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar). Seluruh proses itu dilakukan sendiri oleh peserta terkait dan secara transparan, sehingga harus berhati-hati bila ada penipu yang menjanjikan kelulusan CPNS.

"Transparansi tetap menjadi prioritas pemerintah pada seleksi CPNS. Untuk itu, jangan percaya kepada pihak manapun yang menjanjikan kelulusan," tegas Bima dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/9). "Anda semua di sini karena hasil dari usaha Anda sendiri."


Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2019 sendiri masih di tahap SKB. Pelaksanaan SKB ini berlangsung sejak 1 September hingga 12 Oktober 2020 mendatang.

Kemudian dilakukan pengolahan hasil SKD dan SKB pada 8 Agustus sampai 18 Oktober 2020. Untuk pengolahan nilainya sendiri adalah 40 persen hasil SKD dan 60 persen hasil SKB.

Selanjutnya dilakukan rekonsiliasi atau pencocokan hasil integrasi SKD dan SKB. Proses ini berlangsung pada 19-23 Oktober 2020.

Final hasil seleksi yang sudah melalui tahap rekonsiliasi akan disampaikan kepada instansi penyelenggara rekrutmen CPNS formasi tahun 2019 pada 26-28 Oktober 2020. Baru pada 30 Oktober 2020 hasilnya diumumkan kepada publik dan akan dilanjutkan dengan tahap pemberkasan.

Sedangkan tahun 2020 ini tak diselenggarakan seleksi CPNS. Seleksi untuk menjadi abdi negara ini baru akan digelar pada 2021 mendatang, diikuti dengan beberapa pengurangan formasi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru