Nekat Corat-Coret Colosseum, Turis Ini Terancam Dijebloskan Ke Penjara
Rawpixel/Minty
SerbaSerbi

Turis ini terancam dijebloskan ke penjara hingga dijatuhi denda puluhan juta karena nekat mencorat-coret Colosseum, bangunan peninggalan Romawi yang berusia hampir 2.000 tahun.

WowKeren - Salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Italia adalah Colosseum. Bahkan, bangunan peninggalan Romawi yang sudah berusia hampir 2.000 tahun ini sempat masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia sehingga terus mengundang wisatawan dari mancanegara untuk berdatangan.

Namun, baru-baru ini aksi tak terpuji dilakukan oleh seorang turis yang berwisata menyaksikan keindahan area Gladiator ini. Turis asal Irlandia ini nekat melakukan aksi vandalisme dengan mengukir namanya di dinding Colosseum.

Dilansir dari The Insider, turis berusia 32 tahun tersebut berhasil ditangkap oleh kepolisian setelah mencorat-coret tembok Colosseum pada Senin (28/9) waktu setempat. Pihak kepolisian menjelaskan jika turis ini menggunakan potongan besi untuk mengukir inisial namanya di salah satu pilar yang ada di lantai satu Colosseum.

Aksinya yang dikategorikan merusak peninggalan sejarah ini langsung diganjar dengan ancaman hukuman yang berat. Turis asal Irlandia ini terancam dijebloskan ke penjara selama satu tahun dan dijatuhi denda minimal 2,400 dolar AS atau Rp 36 juta.


”Mengukir satu inisial pun (di Colosseum) adalah tindakan kriminal,” kata salah satu arkeolog di Colosseum, Federica Renaldi seperti dilansir dari The Insider, Selasa (29/9). “Lebih baik untuk mengambil selfie atau berfoto!”

Sebelumnya, Wali Kota Roma Virginia Raggi pernah mengingatkan para wisatawan agar menjunjung tinggi aturan yang diterapkan di Colosseum. Apalagi, Colosseum merupakan tempat bersejarah yang berada di Kota Roma. Para turis yang ketahuan melakukan vandalisme pun terancam denda maksimal sebesar 20 ribu euro atau sekitar Rp 300 juta.

”Roma layak dihormati,” kata Raggi dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun media sosialnya beberapa waktu lalu. “Mereka yang melukai Colosseum telah melukai semua orang Romawi dan semua yang mencintai kota.”

Aksi vandalisme di Colosseum sendiri bukan kali pertama ini terjadi. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2017 silam saat seorang turis asal Ekuador ditangkap setelah mengukir nama istri dan anaknya di bangunan bersejarah tersebut.

Insiden kembali terulang dua tahun sesudahnya. Pada Februari 2019, seorang turis asal Prancis ditangkap setelah mengukir namanya menggunakan koin kuno di Colosseum.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait