Mengejutkan! Ilmuwan Ungkap Alien Di Planet Ini Sedang Amati Bumi
pixabay.com
SerbaSerbi

Astronom membongkar hasil penelitian mengejutkan yang memungkinkan adanya kehidupan alien di planet ini. Bahkan, temuan itu menunjukkan alien sedang mengamati Bumi.

WowKeren - Penelitian mengejutkan seputar keberadaan makhluk luar angkasa (alien) baru saja dipaparkan oleh peneliti dari Universitas Cornell. Keduanya menyebut ada kemungkinan alien tinggal di exoplanet yang merupakan planet di luar tata surya.

Dilansir dari sciencealert, peneliti mengklaim telah mengidentifikasi dan menemukan 1.004 deret bintang yang diduga memiliki kehidupan. Ribuan deret bintang tersebut berjarak 326 tahun cahaya dari Bumi. Peneliti mengamati jika bintang tersebut berasal dari exoplanet yang memiliki jarak paling dekat dengan Bumi.

Temuan tersebut didapatkan dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang biasa digunakan untuk membuat data perhitungan. Dari perhitungan mereka, sistem deret bintang rupanya memiliki kemungkinan mengubah kehidupan.

”Bila di sana ada peneliti yang melakukan penelitian, mereka akan dapat melihat tanda-tanda biosfer pada atmosfer Pale Blue Dot kami,” ungkap astronom Lisa Kaltenegger dari Universitas Cornell, dilansir dari sciencealert, Minggu (26/10). “Dan bahkan kita bisa melihat beberapa yang paling terang dari bintang-bintang ini di langit pada malam hari, tanpa teropong atau teleskop.”


Lebih lanjut Kaltenegger bahkan membeberkan ada kemungkinan alien di exoplanet juga sedang mengamati Bumi untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Kemungkinan ini diungkapkan Kaltenegger dalam makalah terbarunya yang diterbitkan di The Monthly Notices Royal Astronomical Society pada pekan ini.

Kaltenegger dan timnya menemukan jika exoplanet sedang mencari tanda penurunan kecerahan saat sebuah planet lewat di depan bintangnya. Prinsip yang sama akan bekerja untuk peradaban alien yang cukup maju yang melihat Bumi dari seberang angkasa.

”Bintang mana yang dapat melihat Bumi sebagai planet ekstrasurya yang transit?,” tanya Kaltenegger. “Semuanya dalam jarak sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi dan yang seharusnya dapat mendeteksi jejak kimiawi Bumi kehidupan.”

Para peneliti bisa mengetahui letak exoplanet dengan mengandalkan perhitungan orbit Bumi saat mengelilingi Matahari. Sebanyak 1.004 bintang urutan utama (mirip dengan Matahari) telah diidentifikasi dengan zona potensial layak huni. Hasilnya, 508 di antaranya menunjukkan planet yang berada di sekitarnya melakukan observasi selama 10 jam.

”Jika kami menemukan planet dengan biosfer yang hidup, kami akan merasa penasaran apakah ada seseorang di sana yang melihat kami juga,” papar Kaltenegger. “Jika kita mencari kehidupan yang cerdas di alam semesta, yang dapat menemukan kita dan mungkin ingin berhubungan, kita baru saja membuat peta bintang tempat di mana kita harus melihat pertama kali.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts