Raih Rangking 1, BLACKPINK Pecahkan Rekor Jadi 'Grup Pop Terbesar Di Dunia' Versi Bloomberg
Musik

Bloomberg meluncurkan 'Pop Star Power Ranking' pada bulan April untuk mengukur naik turunnya musisi paling laris di dunia. BLACKPINK telah dinobatkan sebagai artis pop terbesar di dunia karena memuncaki rangking tersebut.

WowKeren - Bloomberg baru saja menyebut BLACKPINK (Black Pink) sebagai "grup pop terbesar di dunia". Hal ini terjadi setelah mereka mencapai posisi pertama pada peringkat musisi besutan perusahaan analisis dan media terkenal itu.

Bloomberg meluncurkan "Pop Star Power Ranking" pada bulan April tahun ini. Rangking ini dirilis bertujuan untuk mengukur "naik turunnya musisi paling laris di dunia". BTS (Bangtan Boys) adalah grup K-Pop pertama yang masuk daftar bulan itu, berada di posisi ke-18 dan terus meningkat selama berbulan-bulan.

Sekarang, peringkat November sudah masuk, dan rekor telah dibuat. BLACKPINK telah dinobatkan sebagai artis pop terbesar di dunia di mana grup ini mengalahkan 5 artis teratas yakni Pop Smoke, Cardi B, Justin Bieber, dan Juice WRLD untuk menang.

"Pop Star Power Ranking" milik Bloomberg sendiri didasarkan pada enam kriteria utama yakni penjualan tiket, pendapatan konser, penjualan album, streaming Spotify, keterlibatan Instagram, dan penayangan YouTube. Mengingat pandemi COVID-19, BLACKPINK mungkin tidak memiliki penjualan tiket konser atas nama mereka tahun ini, tetapi itu tidak menghentikan mereka untuk menyerbu posisi teratas setelah trio lagu sukses tahun ini.


"Bersamaan dengan boy grup BTS, BLACKPINK telah mencapai tingkat popularitas global yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah musik." ungkap Lucas Shaw dari Bloomberg.

Sampai saat ini, "How You Like That" telah mengumpulkan 630 juta viewers YouTube dan 280 juta streaming Spotify. Sementara itu, "Ice Cream" bersama Selena Gomez menarik penonton internasional dengan 390 juta viewers YouTube dan 180 juta streaming Spotify. Dan meskipun baru dirilis sebulan yang lalu, "Lovesick Girls" sudah memiliki 230 juta viewers di YouTube dan 90 juta aliran Spotify.

Menurut Bloomberg, tokoh-tokoh yang mengesankan ini dan keterlibatan sosial yang besar dari grup tersebut semuanya berkontribusi pada posisi pertama "Pop Star Power Ranking" mereka. Namun seolah memuncaki daftar itu tidak cukup mengesankan, kemenangan bersejarah BLACKPINK juga memecahkan beberapa rekor.

Pertama, mereka adalah artis Korea Selatan pertama yang meraih gelar tersebut sejak dimulainya daftar tersebut. Selain itu, mereka juga menjadi grup pertama yang merebut posisi teratas, dan kemenangan mereka juga merupakan pencapaian bagi artis wanita.

Hanya dua wanita yang menduduki puncak daftar sebelum mereka yakni Lady Gaga pada Juli dan Cardi B pada September. BLACKPINK sendiri baru-baru ini berkolaborasi dengan Cardi B untuk sebuah lagu di Album, yang memecahkan rekor penjualan album girl group K-Pop sepanjang masa dengan total penjualan 1,2 juta sejauh ini. Selamat untuk BLACKPINK!

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts