Penghasilan Besar Idol-Idol K-Pop Asal Tiongkok di Kampung Halaman Jadi Perhatian
Selebriti

Hal yang disorot adalah idol-idol tersebut menerima pelatihan di Korea, tetapi kemudian justru berkarir di Tiongkok. Beberapa dari mereka juga mendapat penghasilan setara bintang Holywood.

WowKeren - Banyak idol K-Pop asal Tiongkok yang telah kembali ke kampung halaman mereka setelah mendapatkan ketenaran di Korea. Beberapa bahkan akan melalui proses hukum yang panjang untuk melanggar kontrak. Penghasilan mereka saat berkarir di negara sendiri kemudian disorot oleh publik Korea.

Mantan member Super Junior, Han Geng, adalah orang asing pertama yang bergabung dengan industri K-Pop. Dia meninggalkan SM Entertainment pada 2009 dan membangun karir yang sukses di Tiongkok sejak saat itu. Pada 2015, kekayaan bersihnya diperkirakan sekitar 13.079.264 USD atau sekitar Rp 184 miliar).

Kris, Tao, Luhan, Lay memulai debut mereka sebagai member EXO pada April 2012. Tapi kemudian Kris dan Luhan meninggalkan label SM Entertainment pada 2014 dan Tao hengkang pada 2015 dan mereka mampu membangun karir yang sukses di Tiongkok.

Lay sendiri masih berstatus sebagai member EXO, dan ia juga dikenal sebagai salah satu selebriti paling populer di negaranya. Menurut Forbes China, Lay berada di peringkat ke-5, Kris di peringkat ke-8, Luhan di peringkat ke-15, dan Tao di posisi ke-37 untuk "Daftar 100 Selebriti Teratas 2020".


Hal yang disorot adalah idol-idol tersebut menerima pelatihan di Korea, tetapi kemudian justru berkarir di Tiongkok. Ketika kasus serupa meningkat jumlahnya, beberapa orang dalam industri mengangkat suara mereka untuk tindakan pencegahan.

Tujuan awal berinvestasi pada idol K-Pop asal Tiongkok adalah untuk memperluas pasar di luar Korea. Namun, karena semakin banyak idol Tiongkok yang meninggalkan grup, mereka sebenarnya menghalangi promosi grup asli di Tiongkok.

Memang, dari sudut pandang idol-idol tersebut, memiliki ketenaran sebagai idol K-Pop membuka lebih banyak peluang bagi mereka sehingga itu harus menjadi pilihan yang lebih menarik. Dan saat kembali ke kampung halaman, mereka telah memiliki basis penggemar yang setia.

Menurut penelitian, 1% teratas di antara selebriti Tiongkok menghasilkan uang rata-rata 8 kali lebih banyak daripada rekan mereka di Korea. Lebih lanjut, menurut Global Times, selebriti Tiongkok menghasilkan pendapatan dalam jumlah yang sebanding dengan bintang Hollywood.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait