Melon Picu Amarah Netizen Usai Labeli BTS, BLACKPINK Dkk sebagai J-Pop
Musik

Menurut Melon, artis K-Pop mana pun yang memiliki riwayat aktivitas atau promosi di Jepang akan diberi label J-Pop di Melon music meskipun grup atau artis itu adalah penyanyi K-pop.

WowKeren - Baru-baru ini, Melon, platform streaming musik terbesar di Korea Selatan, mendapat kecaman karena melabeli grup K-Pop sebagai "J-Pop." Saat ini Melon menampilkan genre J-Pop dengan artis-artis K-Pop seperti BTS (Bangtan Boys), BLACKPINK (Black Pink), TWICE, dan Seventeen (II).

Menurut platform online tersebut pada Minggu (29/11), artis K-Pop mana pun yang memiliki riwayat aktivitas atau promosi di Jepang akan diberi label J-Pop di Melon music meskipun grup atau artis itu adalah penyanyi K-pop.

Profil BTS sendiri menunjukkan genre yang terdaftar sebagai "Grup | Rap/Hip-Hop, J-POP, Dance" yang ditampilkan di halaman pertama menu "artis". Ini juga berlaku untuk BLACKPINK, TWICE, Seventeen, TXT, dan banyak lagi. Grup K-Pop terdaftar sebagai J-POP hanya di Melon music. Genie Music, Bugs Music, FLO, dan Vibe tidak mencantumkan artis-artis ini dalam genre ini. YouTube Google juga tidak mengklasifikasikan artis-artis ini sebagai J-Pop.

Melon menjelaskan bahwa label tersebut tidak membedakan genre tetapi digunakan untuk menandai artis mana yang telah aktif di Jepang dan menjual album di Jepang. Mereka menjelaskan, "Label bukanlah perbedaan antara genre tetapi untuk menandai artis yang telah merilis album di Jepang. Informasi rinci sang artis menunjukkan bahwa mereka berasal dari Korea."

Meski begitu, masih banyak yang menyatakan bahwa mendaftarkan grup K-pop dengan popularitas global seperti BTS, BLACKPINK, dan TWICE sebagai J-pop itu keterlaluan. Banyak yang khawatir bahwa penyanyi Korea yang mempromosikan K-Pop ini dapat dikenali dan hanya fokus pada aktivitas Jepang yang telah mereka lakukan.

Melon Picu Amarah Netizen Usai Labeli BTS, BLACKPINK Dkk sebagai J-Pop

Source: Allkpop


Banyak kalangan industri musik yang mengatakan bahwa sulit untuk mengklasifikasikan album Jepang yang dirilis oleh grup K-Pop sebagai J-Pop meskipun mereka telah merilis album di Jepang dan tampil di Jepang. Jika artis tersebut hanya merilis album di Jepang secara eksklusif, maka dapat diberi label sebagai J-Pop tetapi dapat menyebabkan kebingungan dan kesalahpahaman jika genre ditampilkan secara mencolok di halaman depan informasi artis. Hal ini terutama terjadi pada Melon karena Melon juga menandai artis Jepang dengan label J-Pop. Karena alasan ini, situs streaming musik lain tidak menandai "J-Pop" untuk artis Korea.

Begitu mendengar kabar bahwa "J-Pop" masuk dalam daftar informasi artis K-Pop, ternyata banyak penggemar yang mengutarakan amarahnya. Penggemar memprotes di Twitter dan situs jejaring sosial lainnya serta komunitas online. Seorang penggemar BTS menulis di Twitter, "Hanya karena lagu asing populer di Korea tidak membuat lagu itu menjadi K-Pop. Kami bahkan tidak memerlukan penjelasan dari Melon, kami hanya perlu koreksi dari mereka."

Netizen lain menulis, "Jadi Melon menempatkan J-Pop di profil depan untuk para artis. Bukankah salah menuliskan di kategori profil artis bahwa mereka J-Pop hanya karena mereka merilis album di Jepang? Mereka adalah artis Korea."

Netizen lebih sensitif terhadap masalah ini karena "Proyek Timur Laut" Tiongkok dan masalah "Laut Jepang" Google. Baru-baru ini, ada kontroversi ketika netizen Tiongkok mulai mengklaim Hanbok Korea sebagai Hanbok Tiongkok. Hal ini menyebabkan game seluler Tiongkok Shining Nikki menghentikan layanan mereka di Korea.

Para ahli juga memperingatkan bahwa kontroversi pelabelan artis K-Pop sebagai J-Pop bisa memberi dampak kuat yang tak terduga. Misal, ada kemungkinan artis Korea yang mengikuti 2020 Mnet Asian Music Awards (MAMA) yang akan diadakan pada 6 Desember, mungkin keliru mewakili genre J-Pop. Beberapa orang mengatakan bahwa kinerja BTS, yang dinominasikan untuk "Best POP Duo dan Group Performance" di Grammy Awards ke-63, juga bisa diremehkan karena masalah terkait.

Seorang pejabat dari komunitas budaya pop menyatakan, "Mengejutkan bahwa Melon, yang merupakan layanan yang mewakili platform streaming musik Korea dalam negeri, telah melabeli artis K-Pop sebagai J-Pop. Secara khusus, Melon sedang mempersiapkan Melon Music Awards jadi mereka perlu mempertimbangkan dengan serius masalah terkait."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru