Harga Kedelai Impor Meroket, Siswa SMA Ini Produksi Tempe Berbahan Kacang Merah
pixabay.com
SerbaSerbi

Sekelompok pelajar SMA di Gresik, didampingi para gurunya menciptakan inovasi dengan memproduksi tempe berbahan kacang merah di tengah kelangkaan dan melonjaknya harga kedelai impor.

WowKeren - Beberapa waktu terakhir sempat terjadi "kelangkaan" tahu dan tempe di pasaran lantaran melonjaknya harga kedelai impor. Padahal, Indonesia sendiri masih sangat bergantung dengan kedelai impor.

Kelangkaan bahan pokok ini rupanya mengundang keprihatinan sekelompok pelajar SMA di Gresik. Bersama guru pembimbingnya, mereka berinovasi dengan memproduksi tempe berbahan kacang merah.

Atiq Anggraini Nusyabani bersama 6 orang teman sekolahnya di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, melakukan riset dengan menggunakan kacang merah sebagai alternatif pengganti kedelai impor. “Produksi tempe kacang merah untuk memutus ketergantungan dengan kedelai impor,” kata Atiq Anggraini Nusyabani dilansir Okezone, Sabtu (9/1).

Tak hanya untuk memutus ketergantungan terhadap komoditas kedelai impor, produksi tempe berbahan kacang merah juga bertujuan untuk menghadirkan makanan khas Indonesia yang kaya protein dan karbohidrat kompleks. Menurutnya, kacang merah merupakan salah satu bahan pangan yang mudah ditemukan.


Selain itu, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pembuatan tempe kacang merah tidak jauh berbeda dengan tempe berbahan kedelai, yakni melalui proses fermentasi menggunakan ragi. Dibutuhkan waktu antara 2 sampai 3 hari, hingga tempe siap dikonsumsi.

Proses pembuatan diawali dengan perendaman kacang merah. Kemudian dilanjutkan dengan proses perebusan. Setelah matang, kacang merah diangkat dan ditiriskan hingga benar-benar dingin dan bebas dari air.

Kemudian, tempe ditaburkan ragi hingga rata, lalu dimasukkan ke dalam kantung plastik yang sebelumnya telah dilubangi dengan jarum atau tusuk gigi, agar sirkulasi udara mengalir bagus. Karena inovasinya ini, sekelompok siswa tersebut mendapatkan apresiasi dari guru dan keluarga besar sekolah.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan telah menyiapkan 3 agenda untuk mengatasi harga kedelai yang kian melambung. "Pertama agenda SOS yakni stabilisasi harga, pasokan tidak boleh ada yang terganggu sehingga ketersedian harus dipastikan aman. Harga tidak boleh terlalu turun dan tidak boleh terlalu naik, khawatirnya konstraksi ini hanya sementara," ujarnya yang dikutip dari JPNN.

Agenda kedua yakni agenda temporary yakni dalam 200 hari ke depan produktivitas lokal harus ditingkatkan. Sementara yang ketiga adalah agenda panjang di mana Indonesia bisa suplai kebutuhan kedelai secara mandiri sehingga saat negara lain mengalami kendala tidak berimbas di dalam negeri.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait