Dianggap Langgar Hak Cipta Lagu BTS, 'Yoo Hee Yeol's Sketchbook' Minta Maaf
TV

Episode 'Yoo Hee Yeol's Sketchbook' baru-baru ini menuai kontroversi karena dituding telah melanggar hak cipta lagu 'Blue & Grey' milik BTS. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Baru-baru ini program "Yoo Hee Yeol's Sketchbook" menuai kontroversi. Program yang tayang di KBS tersebut dituding telah melanggar hak cipta lagu "Blue & Grey" milik BTS (Bangtan Boys).

Hal ini berkaitan dengan penampilan komposer artis NIve yang muncul sebagai bintang tamu. Selama acara berlangsung, ia berbicara tentang proses pengerjaan lagu "Blue & Grey" bersama V.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan hal ini. Namun kontroversi bermula ketika pembawa acara memperkenalkan lagu tersebut seolah-olah NIve adalah komposer dan penyanyi aslinya.

Penggemar BTS merasa bahwa pernyataan tersebut merupakan pelanggaran terhadap hak cipta lagu "Blue & Grey". Karena itulah mereka meminta staf, Yoo Hee Yeol dan NIve untuk memberikan permintaan resmi kepada pemirsa atas situasi ini.

Dianggap Langgar Hak Cipta Lagu BTS, \'Yoo Hee Yeol\'s Sketchbook\' Minta Maaf

Koreaboo


Tak lama setelah itu, NIve memposting permintaan maaf di Instagram untuk menjernihkan kebungan yang terjadi. Ia meminta maaf jika perkataannya menyebabkan salah tafsir dan berjanji untuk lebih berhati-hati di masa depan agar situasi serupa tidak terulang.

Setelah NIve, "Yoo Hee Yeol's Sketchbook" juga mengutarakan permintaan maafnya belum lama ini. Mereka bahkan telah menghapus video yang berkaitan untuk mencegah timbulnya masalah lebih lanjut.

"Ada banyak pertanyaan dan permintaan sehubungan dengan siaran pada 8 Januari 2021. Meskipun kami memasukkan semua kredit lagu untuk 'Blue & Grey' BTS di bagian caption, Yoo menggunakan kata 'komposer asli' saat memperkenalkan lagu. Hal itu kemudian menciptakan kebingungan dan kesalahpahaman bahwa lagu itu ditulis oleh satu orang," tutur pihak "Yoo Hee Yeol's Sketchbook".

"Kami meminta maaf kepada BTS, NIve dan para penggemar karena telah menimbulkan kekhawatiran. Klip video wawancara telah dihapus dan kedepannya, kami akan bekerja lebih keras untuk menjadi program yang lebih memperhatikan sudut pandang musisi," pungkas mereka.

Sementara itu, lagu "Blue & Grey" dibuat dengan upaya kolaborasi antara NIve, V, Suga, RM (Rap Monster), J-Hope, Levi, Metaphor dan Hiss Noise. Sehingga wajar jika penggemar tersinggung ketika "Yoo Hee Yeol's Sketchbook" hanya memperkenalkan NIve sebagai komposer aslinya.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts