Manajemen Boy Grup TOO Jadi Sengketa, n.CH Entertainment Rilis Pernyataan Resmi Atas CJ ENM
Musik

n.CH Entertainment diketahui bertanggung jawab atas manajemen dan promosi TOO, dengan CJ ENM menangani produksi dan pemasaran album. CJ ENM kemudian secara sepihak mengakhiri kontrak mereka karena restrukturisasi internal.

WowKeren - Agensi n.CH Entertainment telah merilis pernyataan mengenai CJ ENM baru-baru ini yang mendesak agensi untuk mundur dari pengelolaan grup TOO. Setelah dibentuk melalui program survival Mnet "World Klass," TOO memulai debutnya pada April 2020 dan kembali lagi pada Juli.

n.CH Entertainment diketahui bertanggung jawab atas manajemen dan promosi grup, dengan CJ ENM menangani produksi dan pemasaran album. Pada 13 Januari, dilaporkan bahwa setelah tujuh bulan, CJ ENM secara sepihak mengakhiri kontrak mereka dengan n.CH Entertainment karena restrukturisasi internal.

CJ ENM menekan n.CH Entertainment untuk menarik diri dari semua hal yang berkaitan dengan TOO. Akibatnya, ini menghentikan produksi album TOO, menunda album ketiga grup tersebut. Sumber dari CJ ENM menyatakan bahwa kedua agensi telah menandatangani kontrak yang hanya berlangsung hingga Agustus 2020, mengklaim bahwa diskusi untuk kesepakatan lebih lanjut gagal setelah itu.

Setelah memberikan tanggapan singkat pada hari itu, n.CH Entertainment membagikan pernyataan lengkap pada kemarin, Kamis (14/1) sebagai reaksi atas tindakan dan klaim CJ ENM. Agensi tersebut menyertakan tangkapan layar email tertanggal 7 Mei 2020 dengan dokumen kontrak terlampir, dan email tersebut menyatakan bahwa dokumen tersebut adalah draf akhir dan akan diselesaikan dengan segel jika penerima setuju sepenuhnya.

Tangkapan layar lainnya adalah petikan kontrak yang menyebutkan masa kontrak dari 6 Desember 2019 hingga 6 Desember 2026. Pernyataan n.CH Entertainment adalah sebagai berikut:

“TOO diluncurkan pada Oktober 2018 sebagai proyek bersama, dengan CJ ENM dan agensi hiburan n.CH Entertainment menyetujui penemuan dan produksi bersama. Setelah konsultasi, pekerjaan dibagi dengan n.CH menangani casting/pelatihan trainee, manajemen, dan promosi dan CJ ENM menangani produksi dan pemasaran album. April dan Juli lalu, kedua perusahaan bersama-sama merilis dua album oleh TOO dan mereka melakukan promosi.

1. CJ ENM - n.CH, konsultasi diselesaikan untuk kontrak manajemen tujuh tahun.

Pada tanggal 7 Mei 2020, CJ ENM mengirimkan draf akhir (lampiran 1) kontrak ke n.CH dengan ketentuan kontrak agensi manajemen tujuh tahun yang telah disepakati dan mengatakan bahwa mereka akan mengirimkan versi kontrak dengan stempel resmi melalui surat (lampiran 2). Namun, kami tidak menerima versi kontrak dengan segel selama beberapa bulan, dan penerbitan kontrak dengan segel terus ditunda. Selama periode itu, n.CH mempercayai perusahaan besar CJ ENM dan dikelola TOO dengan sungguh-sungguh tanpa kontrak.

2. Kontrak manajemen formal tidak pernah ditandatangani.


Pada Agustus 2020, kami mendengar dari perwakilan di CJ ENM bahwa karena “masalah tim audit internal” mereka harus membayar biaya manajemen yang telah dibayar n.CH di muka selama periode Desember 2019 hingga Agustus 2020, demi manajemen administrasi internal CJ ENM. Mereka mengirim permintaan mendesak agar kami membubuhkan segel kami pada ringkasan perjanjian tertulis yang mirip dengan faktur. Kami meminta agar jawaban yang pasti tentang penandatanganan kontrak dicantumkan dalam ringkasan perjanjian, dan kedua perusahaan menempelkan cap mereka pada ringkasan perjanjian di mana ditambahkan kalimat “Kontrak manajemen akan ditandatangani dalam waktu tiga bulan”. Ini adalah cerita di balik klaim CJ tentang pekerjaan kami yang berakhir pada bulan Agustus menurut kontrak. Namun, ada kesepakatan tertulis yang menyatakan “Kontrak manajemen akan ditandatangani dalam tiga bulan,” bukan kontrak manajemen tertulis yang diklaim CJ. CJ ENM dan n.CH tidak pernah menandatangani kontrak resmi.

3. Perubahan sepihak dalam hal dan pemberitahuan kesimpulan.

Selama tiga bulan setelah kami memberi cap pada ringkasan perjanjian tertulis, CJ ENM mengurangi masa kontrak tujuh tahun yang telah kami konsultasikan menjadi sekitar satu tahun, dan mereka secara sepihak menyarankan persyaratan kontrak yang telah dipotong secara drastis. Perwakilan internal CJ mengisyaratkan kepada kami secara lisan, "Saran persyaratan kontrak ini secara efektif berarti Anda diminta untuk menyerah TERLALU." Setelah banyak pemikiran, kami mengesampingkan emosi kesal kami dan menerima ini juga karena kami memikirkan anggota TOO. Namun, CJ tiba-tiba mengubah pendirian mereka lagi, mengirimkan pemberitahuan kepada kami untuk menghentikan semua pekerjaan dan mengalihkan manajemen.

Kami mengesampingkan bagaimana kami merasa kesal atas ketidakadilan, dan demi para anggota yang menantikan comeback mereka sambil bekerja keras dalam berlatih, kami menyarankan kepada CJ bahwa kami akan mengelola TOO hanya selama dua tahun tanpa kompensasi finansial, jadi itu TERLALU bisa mencapai posisi stabil. Namun, mereka juga menolaknya. Alasan penolakan CJ baru-baru ini adalah bahwa "CJ akan mengelolanya secara pribadi karena perubahan dalam manajemen kami dan kebijakan manajemen internal kami.

4. Biaya tidak dibayarkan setelah Agustus 2020.

Selama kurang lebih empat setengah bulan terakhir, hingga Januari 2021, n.CH telah membayar dengan biaya sendiri perusahaan untuk mengelola anggota TOO dan meminta mereka untuk melakukan promosi. CJ menunda penyelesaian biaya dengan alasan n.CH tidak menerima akhir dari perjanjian kami.

n.CH merasakan banyak kasih sayang dan tanggung jawab moral untuk TOO karena kami telah memasukkan trainee perusahaan sendiri dan memulai debut grup setelah casting dan melatih mereka. Atas permintaan CJ, karena kami mempercayai mereka sebagai perusahaan besar, pada akhir Maret 2020, tepat sebelum debut mereka, kami mengalihkan kontrak eksklusif dari anggota di bawah n.CH ke ONEFECT Entertainment setelah membujuk para anggota. Namun, CJ tetap menunda kontrak keagenan antara kedua perusahaan dan terus mengubah ketentuan. CJ kemudian secara sepihak memberikan pemberitahuan bahwa manajemen grup kami telah berakhir, dan tanpa alasan tertentu mereka mengatakan itu hanya karena "perubahan kebijakan internal." Setelah mempercayai perusahaan besar dan memberikan segalanya, kami merasa sangat dikhianati dan dikecewakan.

n.CH telah beberapa kali menyatakan bahwa kami menginginkan komunikasi dan konsultasi. Namun, situasi saat ini adalah CJ ENM telah berulang kali mengatakan bahwa tidak ada perubahan pada sikap internal mereka dan mereka terus mendesak kami untuk menarik diri dari dan mengalihkan semua manajemen TOO.

Kami berharap janji yang dibuat antara kedua perusahaan akan terpenuhi dan kerja sama dapat terlaksana. Juga, kami berharap CJ akan segera merilis album ketiga TOO, memohon dengan putus asa dari agensi dan artis yang tidak berdaya. Terima kasih.”

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel