Lakukan Pelanggaran Hak Cipta, Program 'Hangout With Yoo' Sampaikan Permohonan Maaf
Instagram/hangout_with_yoo
TV

Episode terbaru program MBC 'Hangout With Yoo' telah melakukan pelanggaran hak cipta karena menggunakan karya seni orang lain tanpa izin. Simak kronologi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Program MBC "Hangout With Yoo" menyampaikan permohonan maafnya setelah menimbulkan kontroversi. Sebelumnya, program yang dipandu oleh Yoo Jae Seok ini dituduh telah menggunakan karya seni orang lain tanpa izin dan memberikan kredit berbeda.

Dalam episode terbaru "Hangout With Yoo", muncul ilustrasi lucu yang berkaitan tentang siklus penyesalan. Ilustrasi tersebut dikreditkan ke RULIWEB, situs komunitas online Korea yang diperuntukkan bagi para gamer.

\'Hangout With Yoo\' Minta Maaf Usai Sebabkan Kontroversi

Source: MBC

Tak lama setelah siaran, ilustrator Yoon Sun Young menyatakan bahwa ilustrasi tersebut telah digunakan tanpa izin. Hal itu ia sampaikan melalui akun Instagram pada Sabtu (13/3). Berikut keluhan lengkapnya.

"Aku telah diberitahu, berkat pengikutku, karya seniku telah diambil untuk penggunaan komersial. Program MBC 'Hangout With Yoo' menggunakan ilustrasiku tanpa izin dariku. Sementara karya seniku saat ini tersedia untuk semua orang untuk penggunaan non-komersial seperti yang ditetapkan sebagai profil Messenger, penggunaan komersial tanpa izin dilarang keras.

Faktanya, 'Hangout With Yoo' tidak hanya menggunakan ilustrasiku tanpa izin, tapi mereka juga mengkredit situs yang salah. Aku tidak pernah mengunggah karya seniku ke RULIWEB. Aku hanya membagikan karya seniku di Instagram dan BRUNCH-ku.

Jadi meskipun tim produksi 'Hangout With Yoo' menemukan karya seniku di RULIWEB, kredit tidak seharusnya ditulis RULIWEB. Ini bukan cara untuk menghargai karya seni. Plus, situs komunitas online adalah tempat konten dibagikan, bukan tempat konten dibuat.


Tim produksi seharusnya mengambil langkah ekstra untuk melacak ilustrasi itu kembali kepadaku dan menghubungiku untuk meminta izin. Berasal dari industri seni dan hiburan yang sama, aku tidak mengerti kurangnya usaha ini.

Terakhir, aku minta maaf karena harus memposting ini di Instagram agar dilihat pengikutku. Aku berharap selama akhir pekan aku dapat menghubungi tim 'Hangout With Yoo' untuk mengajukan keluhan resmi. Terima kasih telah membaca. Lain kali aku akan kembali dengan postingan yang lebih ringan."

Setelah keluhan tersebut dibuat, tim produksi "Hangout With Yoo" akhirnya menyampaikan permohonan maaf secara resmi. Mereka juga berjanji akan lebih berhati-hati di masa depan agar tidak membuat kesalahan serupa.

"Halo, ini adalah tim produksi 'Hangout With Yoo'. Di episode ke- 84, kami menggunakan ilustrasi tanpa mencantumkan ilustrator yang benar. Setelah siaran, tim produksi menyadari situasinya dan mencoba untuk menghubungi ilustrator Yoon Sun Young," ujar tim produksi.

"Segera setelah menghubungi ilustrator, kami akan meminta maaf secara pribadi atas kesalahan tersebut dan meminta izin untuk menggunakan ilustrasi tersebut. Kami akan berusaha untuk lebih berhati-hati dengan produksi 'Hangout With Yoo' di masa depan, sebagai cara untuk membalas dukungan penonton," pungkas mereka.

Sementara itu, kritik atas "pelanggaran hak cipta" menjadi lebih sering terungkap di industri TV Korea. Hal itu dikarenakan pemirsa lebih sadar tentang penggunaan konten, foto maupun ilustrasi yang benar. Sebelumnya, program tvN "Amazing Saturday" juga menuai kontroversi karena tim produksi mengolok-olok foto non-selebriti dalam sebuah episode.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts