Persidangan Kembali Digelar, Staf 'Idol School' Kini Dituntut Hukuman Penjara
TV

Persidangan kasus manipulasi voting 'Idol School' kembali digelar pada Senin (26/4) kemarin oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Seperti apa agenda persidangan tersebut?

WowKeren - Penyelidikan kasus manipulasi voting "Idol School" masih berlanjut. Dalam sidang terbaru pada Senin (26/4), jaksa menuntut hukuman penjara untuk dua staf "Idol School" yakni Kepala Produser (CP) Kim Tae Eun serta pemimpin tim perencanaan dari departemen produksi dan akting yang berinisial "Kim".

Selama persidangan, keduanya dituduh melakukan kejahatan yang sama oleh jaksa penuntut. Kim Tae Eun dituntut hukuman satu tahun enam bulan penjara oleh jaksa, sedangkan "Kim" direkomendasikan hukuman satu tahun kurungan.

Kembali pada Juli 2017, Mnet meluncurkan program survival yang berjudul "Idol School". Program ini dirancang untuk mendebutkan girl grup melalui konsep "pendidikan ahli" dengan 41 trainee yang memasuki "sekolah" dan menerima pelajaran dari berbagi bidang selama 11 minggu. Setelah itu, sembilan anggota dipilih untuk debut dalam girl grup baru yang akhirnya menjadi fromis_9.


Pada September 2019, program ini diselidiki polisi setelah manipulasi voting serial "Produce 101" terungkap. Kemudian pada Juli 2020, Kim Tae Eun dan "Kim" didakwa dengan gangguan bisnis serta penipuan.

Dalam persidangan yang digelar pada November 2019, keduanya mengaku melakukan manipulasi voting, namun tidak merasa bersalah dengan alasan perbuatannya tidak termasuk dalam tindak pidana. Pengacara Kim Tae Eun bahkan berpendapat bahwa produser telah menyesuaikan voting karena hasil rating pemirsa yang rendah dan jumlah partisipasi yang rendah. Karena itulah mereka menyimpulkan voting dari keluarga dan kenalan trainee mempengaruhi hasil persaingan.

Jaksa penuntut berpendapat bahwa tindakan mereka telah menimbulkan rasa kehilangan dan kerugian, baik bagi kontestan maupun penonton, sehingga tak boleh dianggap enteng. Namun, jaksa juga meminta agar Pengadilan mempertimbangkan hukuman yang sesuai, karena manipulasi tersebut tidak terjadi di beberapa musim seperti serial "Produce".

Sementara itu, sidang terakhir kasus ini akan digelar pada 10 Juni mendatang. Pastikan untuk menantikan update-nya di sini ya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel