Matahari di Jeneponto Sulsel 'Aneh Tapi Nyata' Terbit dari Utara, BMKG Beri Penjelasan
Unsplash/Daoudi Aissa
SerbaSerbi

Baru-baru ini media sosial digegerkan dengan terekamnya fenomena tak lazim matahari yang tampak terbit dari utara. BMKG pun memberi penjelasan di balik fenomena tersebut.

WowKeren - Selama ini kita mengetahui matahari terbit dari timur dan akan tenggelam di ufuk barat. Namun situasi aneh terjadi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan menjadi viral di media sosial.

Pasalnya dalam video yang direkam oleh seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu Jeneponto itu terekam matahari yang terbit dari utara. "Sesuatu yang sangat aneh telah terjadi. Di mana matahari berada pada posisi di uata pagi ini, pada hari Kamis tanggal 17 Juni," ujar sang perekam video, dikutip dari Kompas, Jumat (18/6).

Fenomena tak lazim ini sontak menjadi pembicaraan masyarakat luas dan menuai tanggapan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Agusmin H, menilai fenomena tersebut sebagai hal lumrah.

Agusmin membenarkan soal fenomena matahari terbit dari utara, yang ternyata berkaitan dengan perubahan cuaca. "Itu yang menyebabkan perubahan cuaca, yakni adanya musim panas dan dingin," kata Agusmin kepada awak media.


Fenomena ini, jelas Agusmin, disebut juga sebagai gerakan semu matahari (GSM). Dan matahari tampak terbit dari utara pun merupakan dampak dari GSM sekaligus posisi Bumi yang miring sekitar 23 derajat pada porosnya.

"Saat itu terjadi, posisi Bumi miring sekitar 23 derajat. Rotasi Bumi mengelilingi matahari yang tidak tegak lurus membuat belahan utara banyak menerima sinar matahari. Sebaliknya terjadi di Bumi selatan," terang Agusmin.

Sebelumnya video matahari terbit dari utara ini langsung menjadi pembicaraan panas masyarakat luas. Sebab fenomena ini asing untuk sebagian besar masyarakat, yang kemudian dikaitkan dengan potensi terjadinya bencana.

"Kami bersama teman-teman di Jeneponto menyaksikan langsung dengan mata kepala, terjadi suatu keanehan. Sebelumnya saya belum pernah melihat," tutur sang perekam video yang merupakan guru MAN Binamu Jeneponto tersebut.

"Di mana kebiasaan matahari pagi terbit di sebelah timur. Ternyata matahari sudah berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti ini," imbuhnya dalam video yang direkam bersama rekan-rekan kerjanya tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts