Idol Generasi Satu Puji BTS Buka Jalan untuk K-Pop, Akui Bangga Sekaligus Prihatin
Twitter/BBCR1
Selebriti

Dalam wawancara baru-baru ini, Tony Ahn berbagi pemikirannya tentang kesuksesan BTS dan kesulitan yang datang bersama ketenaran mereka sebagai superstar global.

WowKeren - Idol K-Pop generasi pertama Tony Ahn H.O.T. melakukan wawancara baru-baru ini dengan outlet berita Korea DongA. Ia berbagi pemikirannya tentang kesuksesan BTS (Bangtan Boys) dan kesulitan yang datang bersama ketenaran mereka sebagai superstar global.

Sebagai salah satu idol sunbae (senior) yang dihormati di industri yang telah membangun fondasi K-Pop di masa-masa awal, Tony Ahn tidak asing dengan perjuangan yang dihadapi para idol. Ia mengklaim sementara tidak ada cara baginya untuk benar-benar memahami, ia yakin bahwa kelelahan pasti tak terbayangkan untuk BTS.

"Para member BTS telah mencapai jauh lebih banyak daripada yang pernah kulakukan. Mereka sepuluh kali, seratus kali lebih sukses daripadaku. Tapi aku dapat mengatakan dengan pasti bahwa itu pasti tidak mudah bagi mereka. Kelelahan pasti tak terbayangkan bagi BTS," ujarnya.

Idol Generasi Satu Puji BTS Buka Jalan untuk K-Pop, Akui Bangga Sekaligus Prihatin

Source: Koreaboo

Tony Ahn menunjukkan bahwa kelelahan fisik hanyalah salah satu bagian dari kelelahan keseluruhan yang mempengaruhi BTS (serta idol lainnya). Apalagi sekarang K-Pop telah berkembang ke skala internasional, para idol harus bekerja tanpa batas, yang pada akhirnya sangat merugikan kondisi mereka. Itu membuatnya khawatir dan prihatin.

"Ada kelelahan fisik. Jadwal BTS mungkin padat. Mereka mungkin tidak banyak bepergian sekarang karena pandemi COVID-19, tetapi secara umum, bekerja tanpa batas, di seluruh dunia, dapat berdampak pada kondisi fisik mereka," tuturnya.

Selain itu, ada kelelahan mental yang juga dialami Tony Ahn saat ia lebih aktif berpromosi. "Ya, itu suatu kehormatan untuk dicintai dan dirayakan, tapi itu datang dengan banyak kesepian," ujarnya.

"Jika kamu memikirkannya, ke mana mereka bisa pergi? Bagiku, kesepian terasa lebih mudah dikelola karena aku tidak terlalu dikenal di luar Asia dan aku bisa lolos. Tapi untuk BTS, mereka mungkin bahkan tidak memiliki kebebasan sebanyak itu. Dan tanpa kebebasan, itu sulit. Manusia membutuhkan kebebasan."


Toni Ahn melanjutkan, "(Untuk idola), ada tekanan konstan untuk terus maju, terus bergerak maju. Mereka harus mempertahankan semua yang telah mereka capai. Ada begitu banyak yang harus dipertahankan."

"Apa yang (BTS) rasakan? Tekanan untuk mengalahkan diri mereka sendiri? Aku bahkan tidak bisa membayangkan hal itu. Dan aku membayangkan hanya yang terbaik dari yang terbaik yang bisa berhubungan dengan tekanan semacam itu. Peraih medali emas atau juara dunia."

Setelah memuji BTS karena "membuka jalan" bagi idola K-Pop untuk mencapai hal-hal yang lebih besar di pasar global, Tony Ahn menyarankan para member untuk menemukan kepuasan di setiap saat yang mereka bisa, untuk tetap bahagia meskipun mengalami kesulitan ini.

"Cinta dan dukungan yang kami dapatkan dari para penggemar, itu tanpa syarat. Penggemar tidak menginginkan imbalan apa pun. Ini adalah cinta dalam bentuk yang paling murni. Ini adalah cinta sejati. Aku menyadari itu pada satu titik dan bertanya pada diri sendiri, 'Bagaimana ini mungkin?' Apa yang telah kuakukan untuk mendapatkan cinta tanpa syarat dan tanpa akhir semacam ini dari orang-orang ini?" kata Tony Ahn.

"Dulu ketika aku menjadi idola aktif, saya pikir semua yang kucapai berasal dari kerja kerasku. Aku tidak bisa lebih salah. Aku tahu lebih baik sekarang, aku tidak akan pernah berpikir bahwa akulah yang membawa diriku ke sini. Selama idol hoobaeku juga dapat memahami bahwa, meskipun cinta para penggemar tidak bersyarat, itu tidak boleh diterima begitu saja, mereka akan menemukan kepuasan dalam pekerjaan yang mereka lakukan."

"Idol melakukan apa yang mereka lakukan untuk cinta itu dan itu mudah untuk terpikat oleh kebutuhan akan lebih dan lebih. Tapi temukan kepuasan di setiap saat dan mereka bisa tetap bahagia (terlepas dari kesulitan)," tutup Tony Ahn.

Kata-kata bijak Tony Ahn dari pengalaman puluhan tahun terakhir di industri dan cinta untuk idola hoobae-nya sejak itu sangat menyantuh hati ARMY. "Sejauh yang kutahu, Tony Ahn mencapai puncak mutlak sebagai idol generasi pertama, tapi dia juga mencapai titik terendah dengan depresi. Dia datang dari pengalaman dan aku tidak bisa mengharapkan sunbae yang lebih baik untuk BTS. Terima kasih atas kata-kata bijaknya," komentar penggemar.

"Aku selalu berpikir itu menyenangkan ketika selebriti Korea pergi ke luar negeri dan menghabiskan waktu bebas dari sorotan. Tapi aku menyadari itu tidak mungkin untuk BTS. Itu pasti sangat sulit," tambah penggemar lain. "Aku seorang ARMY dan wawancara ini membuatku menangis karena suatu alasan," pungkas lainnya.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts