Hanya 5 Grup K-pop Ini yang Lewati 7 Tahun dan Perpanjang Kontrak Tanpa Kehilangan Member Asli
Selebriti

Melihat statistik berapa banyak grup K-Pop yang memulai debutnya antara tahun 1996 dan sekarang, dapat dimengerti mengapa ini adalah waktu yang menegangkan bagi para penggemar.

WowKeren - Dalam industri K-Pop, cukup standar bagi sebuah grup untuk membuat kontrak dengan agensi mereka yang membuat para member berkomitmen untuk berkarier selama 7 tahun dengan label mereka. Sepanjang sejarah, hanya ada lima boy grup yang bertahan lebih dari 7 tahun dan memperpanjang kontrak mereka dengan tanpa kehilangan member asli.

Ketika mendekati akhir kontrak grup, penggemar umumnya khawatir apakah semua member akan memperbarui kontrak mereka atau tidak. Melihat statistik berapa banyak grup K-Pop yang memulai debutnya antara tahun 1996 dan sekarang, dapat dimengerti mengapa ini adalah waktu yang menegangkan bagi para penggemar.

Daftar ini tidak termasuk GOT7 yang masih bersama meskipun meninggalkan agensi mereka, atau grup yang mengatakan bahwa mereka masih bersama meskipun satu atau lebih member meninggalkan agensi, seperti MAMAMOO.

Juga tidak termasuk grup yang kehilangan member sebelum atau setelah perpanjangan kontrak pertama mereka, seperti Jay Park meninggalkan 2PM sebelumnya, atau Seungri meninggalkan BIG BANG dan Jessica meninggalkan Girls' Generation sesudahnya.

Mungkin yang paling terkenal saat ini adalah pembaruan terbaru kontrak SEVENTEEN (II) dengan Pledis Entertainment bulan ini, yang sangat mengesankan mengingat mereka memiliki 13 member. Menariknya, salah satu grup lain yang memperbarui kontrak mereka dengan semua member mereka adalah rekan satu label mereka, NU'EST yang 5 membernya memutuskan untuk tetap bersama agensi pada Januari 2019.


Hanya 5 Grup K-pop Ini yang Lewati 7 Tahun dan Perpanjang Kontrak Tanpa Kehilangan Member Asli

Source: Koreaboo

Juga dalam sejarah baru-baru ini adalah pembaruan kontrak SF9 dengan FNC Entertainment. Kesembilan member grup tersebut memutuskan untuk tetap bersama agensi pada bulan Maret awal tahun ini.

Tentu saja, ketujuh member BTS (Bangtan Boys) membuat keputusan untuk melanjutkan dengan BigHit Labels ketika mereka memperbarui kontrak mereka pada tahun 2018. Perpanjangan kontrak ini dilakukan sebelum tanggal berakhirnya kontrak asli mereka, yaitu tahun lalu.

Terakhir, SHINee juga layak disebut dalam daftar ini. Sementara Jonghyun secara tragis meninggal pada akhir 2017, SHINee adalah satu-satunya grup dalam sejarah K-Pop yang memperbarui kontrak mereka dua kali (sekali pada tahun 2014 dan lagi pada tahun 2018) dan masih memiliki semua member mereka, dan dengan seberapa dekat para member dan betapa berartinya SHINee bagi mereka, tak ada keraguan bahwa Jonghyun akan terus bersama mereka di SM Entertainment juga, dan dia akan selalu menjadi member abadi.

Ada banyak grup K-Pop generasi ketiga yang kontraknya akan berakhir dalam satu atau dua tahun ke depan seperti Red Velvet dan Lovelyz yang akan membuat keputusan mereka akhir tahun ini, dan TWICE yang akan melakukannya pada 2022. Fans hanya bisa berharap bahwa mereka akan menambah daftar grup yang bertahan melewati masa 7 tahun dengan member lengkap.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts