Begini Respons RM BTS Dikritik Kehilangan Jati Diri Karena Rilis Lagu Bahasa Inggris
Musik

Dalam wawancara bersama TIME, RM secara langsung membantah kritik dari mereka yang mempertanyakan evolusi linguistik mereka karena merilis lagu berbahasa Inggris.

WowKeren - Dalam wawancara baru-baru ini dengan TIME, para member BTS (Bangtan Boys) berbicara tentang terobosan mereka ke pasar internasional dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. RM (Rap Monster) menjawab kritik tentang lagu bahasa Inggris yang mereka rilis.

BTS merilis lagu berbahasa Inggris ketiga mereka "Permission to Dance" pada 9 Juli 2021. Sementara penggemar lokal dan internasional menyambut lagu ini dengan sukacita, kritik datang dari netizen serta kritikus musik yang menyebut BTS kehilangan jati diri. Grup bahkan disebut hanya mengincar pasar Amerika dengan merilis lagu-lagu berbahasa Inggris.

Dalam wawancara bersama TIME, RM secara langsung membantah kritik dari mereka yang mempertanyakan evolusi linguistik mereka. Sang leader menjelaskan bahwa bahasa tidak menjadi masalah bagi grup seperti dulu, dan mereka percaya tidak ada batasan seputar musik.


"Bahasa tidak terlalu penting bagi kami seperti masa lalu, kukira. Kami ingin melampaui segalanya, bahkan diri kami sendiri juga. Jadi kukira itulah kekuatan musik. Secara umum, bahasa, topik, tidak ada batasan, batasan, atau batas," jelas RM bijak.

Terlepas dari perdebatan seputar beralih ke bahasa Inggris untuk lagu mereka, BTS telah melihat kesuksesan luar biasa setelah rilis terbaru mereka. Karena BTS telah melewati tahun ke-7 sejak debut, perubahan tidak bisa dihindari.

Sementara itu, "Butter" milik BTS sekali lagi telah melanjutkan kekuasaannya atas chart Billboard's Hot 100. Untuk yang kesembilan kalinya, lagu tersebut menduduki posisi pertama dan mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Olivia Rodrigo.

"Permission to Dance" juga terus tampil baik di tangga lagu Billboard. Selain menduduki posisi No. 9 di Hot 100, lagu tersebut berhasil mempertahankan posisinya di No. 2 di chart Digital Song Sales minggu ini.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts