Terjemahan Bahasa Inggris di Dispenser Kopi Olimpiade Tokyo Tuai Sorotan
Unsplash/Dave Kim
SerbaSerbi

Budaya masyarakat tak dipungkiri turut berkontribusi pada bahasa yang dipakai sehari-hari. Tak jarang padanan kata dari bahasa asli ke bahasa terjemahan kurang bisa diterima.

WowKeren - Meski terdengar sepele, menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, setiap kata memiliki padanan katanya sendiri-sendiri yang juga tak lepas dari budaya masyarakat sekitar.

Budaya masyarakat sekitar tak dipungkiri turut berkontribusi pada bahasa yang dipakai sehari-hari. Oleh sebab itu, tak jarang dijumpai "kesenjangan" dari bahasa asli ke bahasa terjemahan.

Seperti yang terjadi di Olimpiade Tokyo. Seorang reporter Washington Post yang sedang meliput Olimpiade di Tokyo baru-baru ini membuat penemuan yang lucu.

Saat berada di pusat pengarsipan pers, Michelle Ye Hee Lee melihat tanda di dekat dispenser kopi panas yang menarik perhatiannya. Ada tanda kecil yang menempel di kanan atas dispenser, bertuliskan "Ketika kopi sudah habis. Selesai" dalam Bahasa Inggris.


Terjemahan Bahasa Inggris di Dispenser Kopi Olimpiade Tokyo Tuai Sorotan

Twitter/myhlee

Tentu saja, tanda semacam ini cukup membuat sebagian pembacanya memutar otak. Tidak sepenuhnya jelas apa maksud dari tanda itu, namun jika boleh ditebak, bisa jadi itu berarti bahwa dispenser tidak akan diisi ulang setelah isinya habis.

Tanda yang menggelitik ini diabadikan oleh Lee melalui foto-foto yang kemudian dibagikan ke akun Twitter. Dalam unggahannya, ia menulis keterangan yang mengatakan bahwa tanda tersebut tidak bisa dibilang akurat.

"Ini adalah tanda dramatis di dispenser kopi gratis di pusat pengarsipan pers," tulisnya. "Juga tidak akurat."

Namun, apa yang dialami Lee bukan satu-satunya. Fenomena serupa diunggah oleh pengguna media sosial lain mengenai imbauan tisu toilet yang terjemahan dalam bahasa Inggrisnya juga akan membuat siapapun yang membacanya harus memutar otak. Namun jika dilihat dari bahasa aslinya, pengumuman itu memberitahukan jika tisu tidak selalu tersedia di toilet oleh sebab itu pengguna toilet diminta membawa tisu sendiri untuk berjaga-jaga.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts