Ternyata Ada Ketidaksetujuan di Antara Member BTS Soal Lagu Berbahasa Inggris
Musik

Sementara semua lagu telah digarap dengan sangat baik, para member tidak semuanya setuju dengan gagasan lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris, yang tidak mengejutkan mengingat komentar mereka sebelumnya.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) telah menjadi grup musik terbesar di dunia dan sejak tahun lalu, grup beranggotakan 7 orang ini merilis beberapa lagu dalam bahasa Inggris. Menariknya, sempat ada ketidaksetujuan di antara para member soal lagu-lagu berbahasa Inggris mereka.

Mungkin salah satu hal yang paling dikagumi penggemar tentang BTS adalah mereka yang tetap setia pada diri mereka sendiri tidak peduli tekanan yang diberikan kepada mereka. Selama bertahun-tahun, banyak orang telah mendorong BTS untuk merilis album berbahasa Inggris, tapi para menolak terus menolak gagasan itu.

Dalam wawancara tahun 2019 dengan Entertainment Weekly, leader RM (Rap Monster) menjelaskan bahwa penting bagi mereka untuk tetap setia pada siapa mereka dan tidak mengubah diri mereka sendiri dengan tiba-tiba bernyanyi sepenuhnya dalam bahasa Inggris untuk mencapai kesuksesan dan pengakuan dari orang lain. Mereka menghargai kerja keras, dan terserah orang lain jika mereka ingin mengakuinya.

"Kami tidak ingin mengubah identitas atau keaslian kami untuk mendapatkan nomor satu. Seperti jika kita tiba-tiba bernyanyi dalam bahasa Inggris sepenuhnya, dan mengubah semua hal lain ini, maka itu bukan BTS. Kami akan melakukan segalanya, kami akan mencoba. Tapi jika kita tidak bisa mendapatkan nomor satu atau nomor lima, tidak apa-apa," kata RM.

Beberapa hal tampaknya berubah dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu, BTS merilis lagu berbahasa Inggris pertama mereka, "Dynamite." Tahun ini, mereka melanjutkan lagi dengan dua single berbahasa Inggris, "Butter" dan "Permission to Dance." Mereka semua menerima pemutaran arus utama dan akhirnya membuat sejarah dengan tidak hanya memasuki tangga lagu Billboard tetapi juga memuncakinya.


Ternyata sementara semua lagu telah digarap dengan sangat baik, para member tidak semuanya setuju dengan gagasan lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris, yang tidak mengejutkan mengingat komentar mereka sebelumnya. Mereka tidak menjelaskan banyak detail tentang perselisihan tersebut, tapi presiden Big Hit Music, Shin Young Jae, menggambarkan keputusan akhir dari perselisihan apa pun sebagai keputusan yang damai.

"Aku pikir ini adalah bukti kekuatan band, cara mereka dapat mencapai resolusi yang bersahabat dan memperhatikan kebutuhan perusahaan," kata Shin Young Jae. RM sepertinya tidak setuju dengan pernyataan Shin. Dia tidak melihat opsi lain dalam masalah ini, berkata, "Tidak ada alternatif."

Untuk Jin, dia menggambarkan prosesnya sebagai "tidak wajar." Bukan hanya soal identitas, tapi nyanyian dalam bahasa Inggris sangat berbeda dari apa yang telah ia pelajari selama bertahun-tahun mempelajari bahasa itu sendiri. Jadi, pada akhirnya, dia harus mencoba meniru suara dari pengucapan lagu panduan.

Jadi, dia harus menuliskannya menggunakan Hangul, mirip dengan bagaimana beberapa orang mencoba belajar dan berbicara bahasa Korea melalui romanisasi. "Bahasa Inggris yang aku pelajari di kelas sangat berbeda dengan bahasa Inggris dalam lagu. Aku harus menghapus semua yang ada di kepalaku terlebih dahulu," kata Jin.

Sementara beberapa lagu bahasa Inggris BTS telah diterima dengan baik di kalangan pendengar, sepertinya tidak akan ada full album berbahasa Inggris atau lagu bahasa Inggris lagi di masa depan. Itu jika member BTS memilih demikian.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait