Kesalahan Voting di Final 'The Unit' Terungkap, KBS Bantah Ingin Menangkan Kontestan Tertentu
YouTube
TV

Hampir 4 tahun berlalu, terungkap fakta kesalahan voting di final 'The Unit' KBS. Kesalahan tersebut membuat tiga kontestan harus tereliminasi meski semestinya debut bareng pemenang lain.

WowKeren - Ajang survival idol "The Unit" tayang perdana di KBS pada 28 Oktober 2017. Namun baru-baru ini, terungkap bahwa hasil akhir "The Unit" dipengaruhi kesalahan dalam pemungutan suara.

Fakta tersebut diketahui saat Dewan Audit dan Inspeksi Korea merilis laporan audit berkala di KBS pada Jumat (24/9). Menurut laporan tersebut, penulis lepas yang bertanggung jawab memasukkan suara pemirsa pra-siaran dari perusahaan ketiga mengubah skor keseluruhan kontestan ketika episode terakhir "The Unit" ditayangkan pada 10 Februari 2018.

Dewan Audit dan Inspeksi Korea mengungkap bahwa 15 dari 18 kontestan pria dan 13 dari 18 kontestan wanita di final memiliki skor berbeda dengan yang tercatat di acara "The Unit". Seperti diketahui, "The Unit" memilih 9 anggota pria dan 9 anggota wanita untuk membuat proyek grup berdasarkan suara online pra-siaran dan suara teks real time yang dikirim selama episode terakhir berlangsung.


Kesalahan terjadi saat menghitung hasil voting online. Karena kesalahan tersebut, tiga anggota yang terdiri dua laki-laki dan satu perempuan masuk ke dalam grup meski seharusnya tereliminasi. Sebaliknya, tiga anggota yang seharusnya masuk ke grup justru tersingkir.

KBS menanggapi laporan Dewan sebagai berikut: "Ini adalah kesalahan sederhana yang terjadi dalam situasi di mana hanya tiga dari 10 produser internal yang melakukan semua pekerjaan karena pemogokan umum di KBS yang terjadi selama produksi dan siaran episode terakhir. Tidak ada niat untuk mendukung kontestan tertentu daripada yang lain."

Namun Dewan menilai kesalahan tersebut mengakibatkan hasil yang tidak adil bagi para peserta dan dapat merusak kepercayaan publik. Dewan juga menyatakan akan mengeluarkan peringatan terhadap presiden KBS dan semua yang terlibat dalam bisnis tersebut.

Sementara itu, peserta yang terpilih di final kemudian debut dalam grup UNI.T dan UNB. Di antaranya Jun U-Kiss, Daewon Madtown, Euijin Sonamoo, Hyunjoo APRIL, dan yang lain dapat disimak di sini. Grup UNI.T aktif hingga Oktober 2018, sedangkan UNB bubar pada Januari 2019.

(wk/nere)

You can share this post!