Dorce Gamalama Minta Dimakamkan Sebagai Perempuan, Begini Tanggapan Tetangga
Instagram/dg_kcp
Selebriti

Dorce Gamalama mengungkap keinginannya untuk dimakamkan layaknya seorang perempuan bila meninggal nanti. Lantas seperti apa pendapat serta pandangan tetangga Dorce?

WowKeren - Dorce Gamalama belakangan menjadi perbincangan hangat masyarakat Tanah Air. Pasalnya, Dorce mendadak mengungkap wasiat yang diinginkannya usai dirinya wafat kelak.

Aktris 58 tahun itu sangat berharap jenazahnya kelak diurus sebagaimana hukum untuk mayit perempuan. Dorce ingin dimakamkan dan dimandikan seperti layaknya jenazah perempuan.

Wasiat Dorce itu ternyata menuai beragam respons dari masyarakat. Tak sedikit pihak yang pro dan kontra dengan keinginan Dorce. Pasalnya, Dorce dikenal sebagai transgender yang mengubah fisik laki-lakinya menjadi perempuan.

Ketua MUI Pusat yakni Cholis Nafis pun sempat mengomentari keinginan Dorce. Menurut hukum Islam yang berlaku, Cholis mengklaim jenazah transgender harus dimakamkan sesuai jenis kelamin saat lahir.


"Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya," tulis Cholil Nafis melalui laman Twitter-nya pada Minggu (30/1). "Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama."

Tetangga Dorce yang menetap di lingkungan yang sama pun ikut mengomentari kabar tersebut. Dilansir dari Suara.com, seorang tetangga Dorce memilih untuk tak berkomentar lebih lanjut terkait kabar tersebut. Ia mengaku mengenal Dorce tetapi tidak dengan wasiat yang beredar.

"Tahu (Dorce Gamala) itu rumahnya di belakang. Wah kalau itu (wasiat kematian Dorce) saya enggak tahu. Enggak pernah ngikutin berita-berita," ungkap salah satu warga Jatibening, Bekas, Jawa Barat pada Senin (31/1).

Kendati begitu, menurut tetangga Dorce jenazah seseorang memang harus diurus sesuai dengan kodrat atau jenis kelamin mereka yang sebenarnya. "Ya kalau Islam harusnya meninggal dikubur sesuai kodratnya," paparnya.

Itu mengapa, dirinya juga bingung saat permintaan Dorce itu disebut sebagai wasiat yang harus dikabulkan. Ia mengaku kurang paham dan mengikuti apapun yang terbaik untuk Dorce. "Kalau sudah ada wasiat atau diamanahkan saya kurang paham gimana tuh," pungkasnya.

(wk/Indr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru