V BTS Mendadak Muncul di Program Berita MBC, Ada Apa?
Naver/BIGHIT MUSIC
TV

Pada Senin (11/4), V BTS tiba-tiba muncul di salah satu segmen 'MBC News'. Apa alasan di balik kemunculannya? Simak penjelasan lengkapnya dalam berita di bawah ini.

WowKeren - Pada Senin (11/4), V BTS (Bangtan Boys) membuat penampilan kejutan di program berita MBC. Ia muncul di segmen "MBC News", yang membahas tentang "Aturan Zaman Baru" yang digaungkan oleh Presiden Terpilih Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.

V yang lahir pada 30 Desember 1995, adalah contoh sempurna dari seseorang yang terpengaruh oleh sistem usia Korea. Seperti orang lain di negara tersebut, dia berusia satu tahun pada hari dia dilahirkan. Setelah hari Tahun Baru bergulir, satu tahun lagi ditambahkan ke usianya, sehingga dia berusia dua tahun meski baru dua hari hidup di Bumi.

Saat ini, V berusia 26 tahun secara internasional, dan dia akan berusia 27 tahun pada 30 Desember 2022 nanti. Namun jika mengikuti perhitungan Korea, saat ini dia berusia 29 tahun.

Untuk ini, penyiar berita MBC berkata, "V BTS lahir pada 30 Desember. Dia, menurut usia internasional, berusia 26 tahun. Berapa usianya tahun depan, pada 1 Januari 2023? Dia akan berusia 27 tahun karena ulang tahunnya akan lewat saat itu. Usia Korea, bagaimanapun, dia akan berusia 29 tahun."

Selain itu, ada metode lain yang digunakan untuk menghitung usia orang Korea, yaitu tahun lahir dikurangi dengan tahun saat ini. Metode inilah yang digunakan untuk menentukan kelayakan militer. Dengan menggunakan metode ini, V akan berusia 28 tahun, bukan 29 tahun.


"Jika menggunakan metode ketiga menghitung usia dengan mengurangi tahun lahir dari tahun ini, dia akan berusia 28 tahun. Perhatikan bahwa metode saat ini digunakan untuk mempertimbangkan kelayakan untuk pendaftaran militer," tutur penyiar MBC.

Penyiar kemudian menjelaskan bahwa perbedaan usia di Korea telah menyebabkan masalah sosial dan hukum di negara tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Yoon Suk Yeol telah bersumpah untuk menjadikan usia internasional sebagai sistem default.

Penyiar memaparkan, "Seperti V, sebagian besar warga Korea menghadapi tiga usia yang berbeda ini. Perbedaan usia internasional, Korea, dan 'per-tahun' ini, mau tidak mau, akhirnya menyebabkan masalah sosial dan hukum."

"Untuk menyelesaikan masalah yang timbul dengan mengizinkan lebih dari salah satu cara untuk menghitung usia, komite transisi untuk Presiden terpilih Yoon Suk Yeol mengatakan bahwa mereka akan mengubah Undang-Undang untuk menggunakan usia internasional secara default," pungkas penyiar MBC.

Ketika amandemen ini diberlakukan, idol K-Pop akan dianggap satu atau dua tahun lebih muda dari biasanya. Perubahan sistem juga memungkinkan pria Korea untuk menunda pendaftaran wamil mereka.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait