Ditemukan Banyak Kesamaan, Lagu Lay EXO 'Lit' Diduga Diplagiat Penyanyi Filipina
Instagram/layzhang
Musik

Baru-baru ini, penggemar Lay EXO telah menyerukan kekecewaan mereka setelah menemukan banyaknya kesamaan mulai dari lirik lagu hingga video musik idola mereka mirip dengan single penyanyi asal Filipina.

WowKeren - Baru-baru ini pada tanggal 31 Mei, penyanyi asal Filipina FELIP yang juga berpromosi sebagai anggota boy band Filipina SB19 dengan nama panggung Ken kini berada di bawah pengawasan ketat oleh fandom EXO. Penggemar menemukan bahwa penyanyi tersebut diduga menjiplak lagu Lay yang berjudul "Lit" dimana musik tersebut sudah dirilis di tahun 2020.

Menurut penggemar, single terbaru FELIP berjudul "Bulan" yang dirilis pada 28 Mei memiliki beberapa kesamaan dengan lagu "Lit" milik Lay. Kemiripan tersebut diketahui seperti ketukan dan ritme lagu, visual, dan bingkai adegannya di video musik anggota EXO tersebut.

Seorang pengguna di Tiktok membuat video yang menyoroti kesamaan kedua lagu dalam gaya dan ketukan musik. Klaim ini telah ditonton lebih dari 30 ribu kali.

"@bambaekluvr. Saya seorang Filo dan ini perlu ditangani. Memang ada kemiripan. Akan baik-baik saja jika produser mengatakan bahwa ide mereka terinspirasi/berasal dari Lay. Tapi mereka tidak melakukannya dan itulah masalahnya. Saya berharap manajemen mereka bisa menjelaskan hal ini," tulis netizen tersebut.

Sementara di Twitter, pengguna lain membagikan perbandingan berdampingan dari dua video musik yang menunjukkan beberapa visual dan latar belakang yang serupa, seperti naga, gurun, tingkat warna, dan banyak lagi. Setelah video musik dan lagu FELIP menarik perhatian di antara penggemar EXO, penggemar mulai mengkritik tim produksi lagu atas plagiarisme dan mulai menyerukan "Hormati Zhang Yixing" di Twitter.


Menyusul reaksi tersebut, FELIP dan timnya telah mengeluarkan pernyataan pada hari yang sama untuk mengatasi tuduhan plagiarisme. Melalui akun Twitter FELIP, ia membagikan pernyataan panjang lebar yang mengungkapkan bahwa proses kreatifnya untuk "Bulan" mengambil inspirasi dari banyak artis. Salah satunya adalah Lay dan itu tertuju pada lagu "Lit." Namun, penyanyi asal Filipina tersebut menyangkal telah melakukan plagiarisme dan merinci perbedaan antara "Bulan" dan "Lit."

Ditemukan Banyak Kesamaan, Lagu Lay EXO \'Lit\' Diduga Diplagiat Penyanyi Filipina

Sumber: Kpopstarz

"Meskipun mungkin ada beberapa kesamaan antara suara 'Lit' dan 'Bulan,' pemeriksaan lebih dekat terhadap progresi akord, instrumentasi, sampel yang digunakan, dan bahkan suku kata akan membuktikan klaim sebaliknya," kata FELIP dalam pernyataannya.

"Selain itu, melodi dan nyanyian etnis di 'Bulan' didasarkan pada musik ritual asli Filipina dibuat modern dengan penambahan elemen rock dan hip-hop," kata FELIP.

Mengenai visual lain dalam video musik, FELIP mengutip permainan Filipina "Bulan-bulan," makhluk mitologi Filipina "Bakunawa," dan dewi mitologi Filipina Haliya. "Terlepas dari lirik dan video musik untuk 'Bulan' dibuat menjadi metafora untuk masalah dunia nyata sambil tetap setia pada pengetahuan umum tentang apa yang terjadi di antara karakter di sebagian besar versi pengetahuan kuno," lanjut penjelasan FELIP.

FELIP melanjutkan jika lagunya dikerjakan secara teliti dan mempertanggungjawabkan setiap detail dalam video musik jika itu semua memiliki basis budayanya. Namun itu ditampilkan dengan beberapa variasi agar tidak menyinggung budaya atau penduduk asli mana pun. Terlepas dari penjelasannya, penggemar masih belum puas dan mengkritik penyanyi tersebut karena gagal memuji Lay dengan benar.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru