Hampir Tak Ada Kata Makian, Lagu 'Run BTS' Dicekal KBS Karena Berbicara Fakta?
Instagram/labels.hybe
Musik

KBS mengumumkan bahwa 'Run BTS' tidak lulus sensor, bersama lagu 'Born Singer.' Kedua lagu itu dilarang karena liriknya berisi makian, kata-kata vulgar, dan bahasa kasar.

WowKeren - Sebelumnya KBS mengumumkan pada 8 Juni 2022 bahwa lagu "Run BTS" yang termasuk dalam album baru BTS (Bangtan Boys), "Proof," dianggap tidak layak untuk disiarkan. Seperti apa sih liriknya?

KBS mengumumkan bahwa "Run BTS" tidak lulus sensor, bersama lagu "Born Singer." Kedua lagu itu dilarang karena liriknya berisi makian, kata-kata vulgar, dan bahasa kasar.

Setelah "Proof"dirilis, para penggemar akhirnya mengetahui penyebab yang jelas, yakni penggunaan kata "goddamn" ["sialan"] dalam syair RM (Rap Monster).

Meskipun hampir tidak ada kata makian, aturan ketat masih berlaku. Ini membuat ARMY bercanda tentang lagu yang dilarang karena berbicara tentang fakta.

Ada lirik blak-blakan seperti, "Di atas yang berlari, di atas yang terbang, menjalankan BTS," merujuk pada pepatah Korea yang menyatakan, "Di atas seseorang yang berlari, ada seseorang yang terbang."


Pepatah ini berarti selalu ada seseorang yang lebih baik. Namun BTS selalu selangkah lebih maju bahkan dari mereka.

Merefleksikan masa lalu mereka dari debut awal dan "lari" mereka yang tak ada habisnya menuju kesuksesan, BTS dengan berani menyatakan kerja keras mereka adalah apa yang menyebabkan kesuksesan mereka.

Mengacu pada dua kaki telanjang mereka sebagai bensin, mereka adalah alasan BTS untuk membuat kerja keras mereka sejauh ini. Syair keras J-Hope di akhir memanggil setiap member BTS dengan nama termasuk dirinya sendiri, memuji mereka atas kerja keras mereka.

"Run BTS" juga dengan berani menyatakan bahwa masih banyak lagi yang menanti BTS di masa depan. Akhir dari lagu mungkin mengingatkan para penggemar akan pesan yang sama dengan single "Yet to Come" di mana mereka telah mengakui masa lalu mereka dan melangkah ke masa depan.

Dari dulu hingga sekarang, banyak hal telah berubah. Namun, satu hal yang akan selalu tetap sama adalah dorongan tanpa henti BTS untuk berlari sekeras yang mereka bisa. "Run BTS" jelas berbicara tentang fakta.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru