GFRIEND Bebas, Source Music Dilaporkan Gagal Miliki Hak Paten Nama
Instagram/gfriendofficial
Selebriti

Hak Intelektual Korea Selatan (KIPPRIS) dikabarkan telah menolak mengenai permintaan Source Music Entertainemnt untuk mematenkan nama GFRIEND yang sebelumnya dilakukan.

WowKeren - Hari ini, Minggu (24/7) para penggemar G-FRIEND dibuat bahagia dengan kabar bahwa Source Music disebut telah gagal mematenkan nama grup idol tersebut. Source Music diketahui melakukan permintaan mematenkan segala nama berhubungan dengan GFRIEND sebelum resmi dibubarkan.

Hak Intelaktual Korea Selatan (KIPRIS) disebut telah menolak permintaan dari Source Music tersebut. Penolakan tersebut diungkapkan karena GFRIEND terkait dengan grup beranggotakan 6 orang yang telah diakui oleh publik.

"Alasan penolakan: Tidak mungkin mendaftarkan merek dagang karena terkait dengan girl grup beranggotakan enam orang, GFRIEND, yang diakui oleh konsumen umum," beber seorang penggemar di Twitter yang menunjukkan dokumen terkait penolakan hak paten nama GFRIEND.

Sebelumnya, diungkapkan bahwa Source Music mengharapkan merek dagang dari GFRIEND. Namun, GFRIEND diketahui adalah nama Inggris dari "여자친구" (penulisan Inggris GFRIEND) yang dikenal sebagai grup, maka permintaan Source Music ditolak.


Hak paten nama GFRIEND ditolak

Sumber: Twitter

Meski begitu, diungkapkan bahwa Source Music masih memiliki kesempatan untuk kembali mengajukan banding terkait dengan mematenkan nama GFRIEND ini. Namun, hal tersebut dapat terjadi jika anggota GFRIEND memberikan persetujuan untuk nama mereka dipatenkan.

Penolakan mematenkan merek dagang ini berartikan bahwa 6 anggotanya yakni Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji bisa menggunakan nama GFRIEND tanpa izin dari Source Music. Keenam anggota bisa menggunakan nama tersebut secara legal tanpa melanggar hak intelektual dagang milik Source Music. Penolakan hak paten nama GFRIEND ini juga berartikan bahwa keenam anggotanya bisa melakukan comeback sebagai grup tanpa izin dari Source Music.

Sementara itu, hukum di Korea Selatan sendiri mengungkapkan bahwa nama sebuah grup adalah milik para idol dengan catatan semua anggotanya telah keluar dari agensi. Para idol bisa mengajukan permintaan untuk mengambil hak nama grup mereka dari agensi agar bisa digunakan setelah keluar perusahaan. GOT7 menjadi grup yang telah berhasil "mengamankan" nama mereka saat ini dan bisa dengan bebas menggunakannya setelah keluar dari JYP Entertainment.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru