GFRIEND Potensi Bisa Reuni Tanpa Khawatir Pasca Source Music Ditolak Miliki Hak Paten Nama Grup
Instagram/gfriendofficial
Selebriti

Setelah dibubarkan pada Mei 2021 yang membuat para anggotanya terkejut, kini Source Music telah menerima laporan bahwa pengajuan hak merek dagang GFRIEND ditolak karena beberapa alasan.

WowKeren - Pengajuan hak merek dagang yang dilakukan agensi Source Music atas nama G-FRIEND telah ditolak oleh kantor Kekayaan Intelektual Korea pada tanggal 14 Juli. Alhasil, ada beberapa keuntungan atas penolakan tersebut bagi para mantan anggota GFRIEND.

Source Music telah mengajukan permohonan ke Kantor Kekayaan Intelektual Korea pada Maret 2021 untuk mendaftarkan merek dagang. Hal ini dilakukan dua bulan sebelum pembubaran resmi grup.

Biasanya, mengajukan hak merek dagang dilakukan karena pihak pemohon mengetahui potensi besar apa yang akan diperoleh di masa mendatang. Sekaligus mencoba melindungi apa yang mereka lihat sebagai kekayaan intelektual agar tidak digunakan oleh sembarangan orang.

Oleh karena itu, Source Music mencoba untuk melindungi nama GFRIEND sehingga menyebabkan mantan anggota tersebut tidak bisa berpromosi dengan nama asli grup mereka. Hingga akhirnya, SinB, Eunha dan Umji memulai kembali debutnya sebagai VIVIZ. Sedangkan Sowon atau yang kini dikenal Kim So Jung, Yuju dan Yerin memutuskan untuk bersolo karir.


Seperti yang telah beredar secara luas, hak merek dagang GFRIEND yang ditolak setelah Source Music mengajukan permohonan ini memiliki arti tersendiri bagi para mantan anggotanya. Saat ini, secara hukum memungkinkan bagi grup tersebut berpromosi dengan nama GFRIEND tanpa terlibat izin dengan Source Music. Meski bisa reuni tanpa meminta izin pada Source Music, apabila GFRIEND kembali reuni maka mereka harus menghadapi implikasi hukum dalam hal penggunaan logo resmi mereka sebelumnya dan ikon serupa lainnya.

Lagu-lagu mereka juga masih terdaftar di Source Music yang mungkin menyulitkan grup untuk menampilkan karya-karya lama mereka. Ada kemungkinan besar bagi grup untuk menggunakan nama lama mereka sekarang karena Source Music tidak memiliki kendali atas hak cipta. Oleh karena itu, para mantan anggota GFRIEND kini bisa melakukan reuni.

Perlu diketahui bahwa kantor Kekayaan Intelektual Korea menjelaskan bahwa alasan penolakan merek dagang untuk "G-FRIEND" identik dengan nama bahasa Inggris untuk girl grup Korea Selatan yang beranggotakan 6 orang dan tidak dapat bermerek dagang. Kemudian, ketika tulisan "GFRIEND" didaftarkan dan tanpa tanda hubung, pihak kantor Kekayaan Intelektual Korea lagi-lagi menolaknya karena merek dagang "GFRIEND" secara langsung berafiliasi dengan 6 anggota girl grup Korea Selatan GFRIEND dan sebagai grup yang dapat diidentifikasi secara nyata.

Setiap penggunaan merek dagang ini oleh pemohon untuk penggunaan produk dapat menyebabkan kesalahpahaman dan potensi penipuan konsumen bagi publik. Namun, Source Music sudah mendapatkan hak merek dagang untuk logo resmi yang digunakan oleh GFRIEND selama masa promosi mereka.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait