Sempat Putus Asa dan Menyerah, Seniman Ini Raih Popularitas Usai RM BTS Beli Lukisannya
Instagram
Selebriti

Kembali pada tahun 2020, artis Jung Young Joo mendapat banyak perhatian setelah muncul berita bahwa leader BTS, Rap Monster telah membeli salah satu lukisannya.

WowKeren - Sebelumnya 20 tahun yang lalu, seorang seniman muda dihadapkan pada kenyataan menjadi seorang seniman ketika harus kembali ke rumah tepat setelah lulus dari Sekolah Seni Rupa Nasional di Paris karena IMF yang melanda Korea Selatan pada tahun 1998. Seniman ini juga harus menyerah untuk menjadi seorang seniman di Prancis dan kembali ke rumah.

Kemudian selama sepuluh tahun berikutnya, sang seniman harus menghadapi kesulitan terus-menerus karena dia tidak dapat menjadi sukses sebagai artis di Korea dan kehabisan uang. Selama masa-masa sulit itu, dia bahkan bertanya pada dirinya sendiri, "Apa gunanya hidup?" Saat itulah matanya menatap rumah-rumah tua di desa lereng bukit yang miskin di Korea. Atap genteng dengan sudut-sudut yang jarang hilang, dinding semen retak, dan gerbang berkarat dimana sang seniman menjelaskan bahwa dia merasa seperti dia berempati dengan gubuk-gubuk yang dibangun rapat dan rusak ini dibandingkan dengan bangunan-bangunan indah di kota. Pada saat yang sama, dia mengatakan dia merasa nyaman di dalam karena mereka membawa sentimen nostalgia.


Saat itulah dia memutuskan untuk melukis Daldongnae atau desa-desa di lereng bukit yang malang. Artis Jung Young Joo mengadakan pameran tunggal di Hakgojae di Sogyeok-dong, Seoul, pada 27 Juli kemarin dan pameran diisi dengan 28 lukisannya tentang Daldongnae dan dia adalah salah satu seniman paling populer yang sedang naik daun akhir-akhir ini.

Sempat Give Up, Seniman Ini Raih Popularitas Usai RM BTS Beli Lukisannya
Allkpop

Kembali pada tahun 2020, artis Jung Young Joo mendapat banyak perhatian setelah berita bahwa Rap Monster telah membeli salah satu lukisannya. Semua lukisannya terjual habis di Art Basel di Hong Kong, salah satu pameran seni terbesar, tahun lalu di bulan Mei. Sang seniman menjelaskan bahwa Daldongnae dalam lukisannya adalah ruang imajiner. Meskipun dia merujuk ke desa-desa di lereng bukit di Busan, tempat dia tinggal sebagai seorang anak, bersama dengan Sillim-dong dan Bongcheon-dong di Seoul, sebagian besar pemandangan dalam lukisannya adalah imajinasi.

Jika diperhatikan lebih dekat, tekstur Hanji, kertas nasi Korea, terlihat jelas di kanvas. Ini karena teknik "Papier colle" digunakan di mana potongan-potongan Hanji ini dipotong dan dilukis di atas kanvas.Artis Jung Young Joo menjelaskan bahwa dia merasa bahwa dia sedang menciptakan dunia lain saat dia membangun desa dengan mengecat rumah-rumah kecil ini satu per satu dan juga menerima kenyamanan dari menciptakan dunianya sendiri.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait