Penjelasan Key SHINee Soal Kwangya Diduga Diedit, Kenapa?
Selebriti

Key SHINee telah merilis album studio solonya 'Gasoline' dan menjelaskan jika tidak berkaitan dengan karya sebelumnya yaitu 'Bad Love', namun dari pernyataannya membuat fans berspekulasi ucapan sang idola diedit.

WowKeren - KWANGYA merupakan SMCU (SM Culture Universe) yang berasal dari SuperM dan NCT 2020. Istilah ini sangat terkenal di kalangan idola SM Entertainment dan penggemarnya. Namun, belakangan ini penggemar SHINee mencurigai jika SM Entertainment mengedit pendapat Key tentang KWANGYA.

Seperti diketahui, baru-baru ini Key melakukan comeback dengan merilis album studio "Gasoline" dengan single utama yang sama. Ketika melakukan comeback, Key berbicara tentang "KEYLAND" uniknya dan menjelaskan bahwa "Bad Love" (albumnya yang dirilis tahun 2021 lalu) dengan "Gasoline" itu secara teknis tidak terhubung karena bukan dunia yang sama.

Dari pernyataan ini, Key menjelaskan tentang KWANGYA sambil mengatakan albumnya bukan multiverse. Namun, pernyataan tersebut justru membuat penggemar memperhatikan bahwa dalam tayangan ulang untuk acara comeback Key sendiri tampak diedit. Padahal, dalam versi aslinya Key menyebutkan bagian-bagian tentang KWANGYA dan secara jelas itu dipotong.


Jadi, Key yang berusaha mengklarifikasi bahwa konsep dan musiknya sama sekali tidak terkait dengan alam semesta, SM Entertainment memilih untuk menghapusnya. Atas hal ini, penggemar kembali memberi reaksi mereka terhadap SM Entertainment karena diduga memaksakan agenda mereka pada semua artis mereka yang bertentangan dengan keinginan mereka.

Banyak yang menduga jika Key menghadapi banyak kesulitan dengan proyek solonya. Selama wawancara, Key mengungkapkan bahwa dia menangis di lokasi syuting MV "BAD LOVE". Pendapatnya berbeda dari "suara staf" sehingga mengakibatkan komplikasi. Namun, Key berjuang melawan segala rintangan.

"Ini benar-benar pertama kali terjadi tetapi setelah syuting video musik 'BAD LOVE' berakhir, aku menangis. Aku tidak melakukan itu bahkan selama video musik debut. Aku kira album ini sangat intens. Ada masalah waktu dan anggaran, sinopsis video musik dihapus, dan aku memiliki perbedaan pendapat dengan orang-orang. Ada cukup banyak drama. Ketika syuting video musik berakhir, momen-momen itu melintas dan aku merasakan campuran emosi yang aneh," kata Key mencurahkan isi hatinya.

Dengan mempertimbangkan suasana ini, penggemar menduga bahwa ide kreatif Key tidak didengarkan secara baik hanya demi kepentingan agensi. Sementara itu, KWANGYA sendiri adalah SMCU (SM Culture Universe). Itu berasal dari SuperM dan NCT 2020 yang mana dalam sub-unit NCT 2020, video musik NCT U untuk "90's Love" yang dirilis pada Oktober 2020, liriknya secara mencurigakan menyebutkan istilah "KWANGYA" dan "KOSMOS." Sejak itu, KWANGYA juga disebutkan dalam musik dan konten dari aespa, Max Changmin dan banyak lagi.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru