Ahn Yujin IVE Dinilai Satu-satunya Tak Lipsync di Acara Festival Kampus Tuai Perdebatan
Twitter/ivestarship
Musik

IVE dituduh melakukan lipsync kala tampil di acara festival kampus dan Ahn Yujin disebut menjadi satu-satunya yang menyanyi secara live menjadi perdebatan di komunitas online oleh Knetz.

WowKeren - Belakangan ini, IVE tengah disibukkan dengan tampil di acara festival musik kampus-kampus ternama Korea Selatan. Sayang, IVE kemudian dituduh telah melakukan lipsync kala tampil di festival musik kampus tersebut.

Salah seorang Knetz yang mengaku hadir di salah satu festival musik kampus menyebutkan hanya Ahn Yujin yang menyanyi secara langsung. Hal tersebut diungkapkan terdengar sangat jelas ketika membawakan lagu debut mereka, "Eleven".

Unggahan di komunitas online Instiz berjudul "IVE baru saja tampil di festival kampus dan hanya Ahn Yujin yang menyanyi secara langsung" banjir sorotan. Unggahan ini dibagikan pada Rabu, 21 September.

"Ketika mereka membawakan Eleven pada awalnya, itu sangat jelas. Aku sangat terkejut bahwa mereka melakukan lipsync. Bukankah orang biasanya tampil live di festival biasanya?" beber Knetz tersebut.


Namun, unggahan ini kemudian memunculkan perdebatan di kalangan Knetz. Ada yang memberikan kritik bahwa seharusnya IVE tidak lipsync di acara festival kampus.

Namun, banyak yang kemudian memberikan pembelaan kepada IVE. Pasalnya, mereka hadir pada festival kampus dan memastikan bahwa IVE bernyanyi secara langsung. Pada video-video yang tersebar di media sosial atau YouTube, IVE sendiri juga menyapa penggemar usai membawakan satu lagu. Hal tersebut memastikan bahwa mikrofon para anggota menyala.

"Itu hanya lipsync, tapi aku pikir Ahn Yujin membawakan lagu itu dengan suara keras, jadi semua orang berteriak memberikan pujian...," beber salah seorang Knetz. "Dalam video, semua orang bernyanyi, tetapi ada bagian yang tidak bernyanyi," ungkap lainnya.

"Semua mikrofon menyala, tetapi bukankah hanya satu orang keluar dengan suara keras?" ucap lainnya. "Aku sudah melihat fancam tapi kurasa semua anggota menyanyi live," jelas lainnya. "Aku melihat videonya dan mereka semua menyanyi tapi Yujin punya suara yang keras," timpal lainnya.

Sementara itu, IVE sendiri diketahui memberikan penampilan mereka di acara festival kampus di Yeungnam University malam hari sebelum unggahan dirilis. IVE juga membawakan "Eleven" terlebih dulu kala menghadiri festival tersebut. Namun, tidak dapat dikatakan pasti kapan tepatnya penampilan IVE yang dimaksud. Pasalnya, beberapa hari terakhir IVE tampil di banyak festival kampus berbeda.

(wk/alfa)

You can share this post!

Artikel Terkait