Film 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas' Borong Nominasi Piala Citra FFI 2022
YouTube/Palari Films
Film

Malam Anugerah FFI 2022 sendiri akan digelar pada November mendatang. Meski begitu, pihak Komite FFI 2022 sebelumnya telah mengumumkan daftar nominasi Piala Citra di tahun ini.

WowKeren - Pada Sabtu (22/10) lalu, Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2022 telah resmi mengumumkan daftar nominasi Piala Citra di tahun ini. Adapun acara ini disiarkan secara langsung dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Senang sekali kami seluruh Komite Festival Film Indonesia 2022, beserta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia bisa hadir di pelataran Candi Borobudur untuk kembali mengumumkan nominasi FFI 2022," ujar Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2022.

Adapun nominasi dalam FFI 2022 sendiri diketahui terdiri dari film-film yang tayang di bioskop maupun layanan over-the top (OTT) dan festival film internasional. Di tahun 2022 ini, diketahui tercatat ada 25 film dokumenter, 7 film dokumenter panjang, 30 film cerita pendek, 20 film cerita panjang, dan 15 karya kritik film.


Di antara deretan nominasi tersebut, film "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" diketahui menjadi film yang mendapatkan nominasi terbanyak di FFI 2022 yakni mencapai 12 nominasi. Hal ini di antaranya adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik.

Kemudian film selanjutnya yang menyusul "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" adalah "Before, Now, & Then (Nana)" dengan 11 nominasi. Selanjutnya "Mencuri Raden Saleh" dengan 9 nominasi, lalu "Losmen Bu Broto" dengan 8 nominasi, serta "Kadet 1947" dan "Autobiography" dengan masing-masing 7 nominasi.

Sebagai informasi, pada ajang penghargaan bergengsi Piala Citra kali ini, FFI 2022 diketahui mengangkat tema "Perempuan: Citra, Karya, Karsa". Hal ini sendiri disebut sebagai bentuk apresiasi lebih terhadap peran perempuan di industri film Indonesia.

Bersamaan dengan tema yang diusung oleh FFI 2022, empat perempuan berprestasi di industri perfilman Tanah Air juga diumumkan sebagai Duta FFI 2022. Mereka adalah Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon. Keempatnya ini nantinya juga akan bertugas sebagai wajah FFI hingga puncak Malam Anugerah yang digelar pada 22 November 2022.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru