Respons Eri Cahyadi Soal Film 'Koesno, Jati Diri Soekarno' Berhasil Jadi Nominasi di FFI 2022
Film

Salah satu film dokumenter pendek yang berhasil menjadi nominasi di FFI 2022 adalah 'Koesno, Jati Diri Soekarno'. Dalam film ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, diketahui ikut berperan menjadi Koesno.

WowKeren - Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2022 sebelumnya telah resmi mengumumkan daftar nominasi Piala Citra di tahun ini pada Sabtu (22/10) lalu. Pada acara yang disiarkan secara langsung dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah itu mengumumkan daftar film yang menjadi nominasi di FFI 2022.

Di antara deretan judul film yang berhasil menjadi nominasi di FFI 2022, film berjudul "Koesno, Jati Diri Soekarno" masuk dalam daftar nominasi film Dokumen Pendek Terbaik. Mengetahui hal ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun disebut ikut bahagia.

Sebagai informasi, Eri Cahyadi sendiri ikut berperan sebagai Koesno dalam film tersebut. "Alhamdulillah, ternyata film Koesno ini masuk daftar nominasi film pendek terbaik FFI 2022, nanti dipilih lagi film yang mendapatkan Piala Citra," ujar Eri dalam keterangannya, Minggu (23/10).


Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri itu kemudian mengatakan hal yang membuatnya bangga adalah ketika film dokumenter "Koesno, Jati Diri Soekarno" itu berkisah tentang pelurusan sejarah bangsa Indonesia. Dalam hal ini yang dimaksudnya adalah mengenai Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno yang lahir dan menempuh pendidikan di Kota Surabaya.

"Sebenarnya yang membuat saya merasa bahagia dan bangga itu adalah ketika bisa menjelaskan sejarah," terang Cak Eri. "Karena yang dulu Presiden Soekarno (dikenal) lahir di Blitar, tapi ternyata dengan pembenaran sejarah ini, maka kita ketahui semua bahwa lahirnya di Surabaya."

Di sisi lain, Cak Eri pun berharap agar film dokumenter yang berkisah tentang kelahiran, kisah cinta, dan gagasan kebangsaan Presiden Soekarno itu bisa menjadi yang terbaik dan meraih Piala Citra FFI 2022. "Semoga di Piala Citra FFI (2022) menjadi terbaik. Dengan apa? Dengan meluruskan sejarah bangsa ini," lanjutnya.

"Insya Allah optimis, karena yang diluruskan sejarah adalah orang atau presiden yang membawa pertama kali Indonesia Merdeka," tutup Eri.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel