Imbas Tragedi Itaewon, Tema 'Halloween' Kemungkinan Akan Dilarang di Industri TV Korea
Instagram
TV

Imbas dari tragedi di Itaewon yang memakan banyak korban ini sepertinya akan bertuntut pajang menyusul kabar tema 'Halloween' mungkin dilarang dari siaran Korea selamanya.

WowKeren - Seperti diketahui sekitar 100.000 orang berbondong-bondong ke Itaewon untuk menikmati pesta Halloween sekitar pukul 10 malam pada tanggal 29 Oktober, menyebabkan bencana besar. Menurut Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat, per 1 November, 155 orang meninggal, 30 orang luka berat dan 122 orang luka ringan. Pemerintah menetapkan masa berkabung nasional hingga tengah malam tanggal 5 November, dan industri hiburan juga dihentikan. Setiap industri, termasuk film, penyiaran dan musik, berpartisipasi dalam peringatan tersebut dengan membatalkan siaran seperti acara hiburan dan mengubah ke sistem berita khusus, menunda rilis album serta membatalkan sebagian besar acara seperti konser dan konferensi pers.

Karena hal ini banyak komunitas K-pop dan industri hiburan Korea bergabung dalam duka atas tragedi Itaewon dengan membatalkan jadwal siaran dan konser serta menunda perilisan album. Artis yang tidak dapat membatalkan penampilan mereka di menit terakhir juga menyampaikan belasungkawa mereka di acara tersebut.

Namun imbas dari tragedi ini sepertinya akan bertuntut pajang menyusul kabar tema "Halloween" mungkin dilarang dari siaran Korea selamanya. Sedangkan sebelumnya setiap tahun, perusahaan penyiaran telah merencanakan episode dan acara khusus "Halloween" untuk pemirsa. Namun tahun ini, semua acara dan episode terkait Halloween telah dibatalkan karena tragedi Itaewon yang terjadi akhir pekan lalu.


Setiap siaran dan layanan VOD sudah mulai mengedit setiap episode yang terkait dengan Halloween atau bagian mana pun di mana para pemeran terlihat dalam kostum Halloween. Episode "Hong Kim Dong Jeon" yang ditayangkan pada tanggal 23 Oktober telah dihapus dari layanan VOD, di mana pemirsa dapat menonton ulang episode sebelumnya.

Program hiburan populer KBS 2TV "2 Days and 1 Night" juga memutuskan untuk mengedit beberapa konten terkait Halloween. Acara tersebut memutuskan untuk mengedit segmen konsep Halloween yang telah direkam sebelum ditayangkan. "The Return of Superman" juga menghapus tayangan ulang episode-episode yang berhubungan dengan Halloween.

Kemudian acara OTT dan acara radio tidak terkecuali. TVing menghapus bagian konten terkait Halloween yang dihiasi dengan emotikon bertema Halloween seperti labu dan lentera di halaman utamanya. "Watcha" juga segera menghapus bagian khusus berjudul "You are the protagonis of Halloween". Acara radio juga telah membuang rekaman pra-rekaman untuk episode khusus Halloween, dan saluran radio malah menyiarkan siaran peringatan khusus. "Radio Show" KBS Radio Cool FM membatalkan pra-rekaman dengan Park Myung Soo dan malah mengadakan siaran langsung karena ucapan dan ungkapannya tidak sesuai untuk masa berkabung.

Sementara itu agensi K-pop juga membatalkan acara sehubungan dengan Halloween. SM Entertainment memutuskan untuk tidak melanjutkan "SMTOWN WONDERLAND 2022" yang dijadwalkan akan disiarkan langsung pada pukul 18:15 pada tanggal 30 Oktober selama 1 jam. "Strike Music Festival" yang dipromosikan sebagai "Fantasy Halloween" yang diadakan mulai 28 Oktober, membatalkan semua pertunjukan pada 30 Oktober. Seorang pejabat industri penyiaran menjelaskan, "Tampaknya program, acara, dan pertunjukan terkait Halloween tidak akan diproduksi atau diadakan di industri penyiaran dan pertunjukan di Korea di masa depan tidak hanya tahun ini."

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait