MMA 2022: Kebanyakan Lipsync Termasuk TXT, Cuma MONSTA X dan 4 Penyanyi Lain yang Tampil Live
Instagram/txt_bighit
Musik

Artis yang benar-benar bernyanyi secara live menggunakan MR adalah MONSTA X, 10CM, Lim Young Woong, ENHYPEN dan Melomance. Hal ini membuat banyak orang kecewa karena MMA adalah acara musik besar.

WowKeren - Ajang penghargaan Melon Music Awards (MMA) 2022 digelar 26 November lalu dan menampilkan berbagi aksi panggung menarik. Ketika setlist MMA 2022 bocor, banyak grup idol diketahui telah menggunakan Live AR daripada benar-benar bernyanyi secara live.

AR (Audio Recorded) adalah rekaman dengan suara instrumen lengkap dan suara penyanyi. Live AR menyertakan suara-suara ini dan juga suara napas sang penyanyi. Artinya, suara dalam versi AR berbeda dengan versi studio (album) yang sudah lebih "disaring".

Menggunakan Live AR akan membuat penonton percaya bahwa penyanyi bernyanyi secara live di atas panggung karena suara yang terdengar berbeda dengan versi studio. Namun, mereka tetap terhitung lipsync karena tidak benar-benar bernyanyi live.

Sebaliknya, MR (Music Recorded) adalah rekaman yang hanya berisi suara instrumen. Artis yang menggunakan MR bernyanyi secara live dan didukung oleh vokal latar.


MMA 2022: Kebanyakan Lipsync Termasuk TXT, Cuma MONSTA X dan 4 Penyanyi Lain yang Tampil Live

Theqoo

Grup idol yang menggunakan Live AR di MMA 2022 adalah NewJeans, LE SSERAFIM, (G)I-DLE, IVE, dan TXT. Sedangkan artis yang benar-benar bernyanyi secara live menggunakan MR adalah MONSTA X, 10CM, Lim Young Woong, ENHYPEN dan Melomance. Hal ini membuat banyak orang kecewa karena MMA adalah acara musik besar namun kebanyakan artis tidak menyanyi secara live.

"Ada stage di mana mereka tidak punya pilihan selain melakukan Live AR, jadi tidak masalah. Tapi aku harap mereka tidak menggunakannya untuk setiap stage," komentar netizen. "Kalau kalian akan melakukan lipsync, kalian tidak boleh mengatakan bahwa kalian adalah penyanyi... Kalian adalah performer," kata netizen lainnya. "Itu sebabnya idol tidak dihargai meskipun kemampuannya bagus," ujar yang lain.

"Sebut saja mereka performer," kata netizen. "Aku tidak peduli jika mereka melakukan lipsync selama penampilan spesial mereka di upacara penghargaan, tapi setidaknya aku berharap mereka tidak menipu dengan berpura-pura bernyanyi secara live," komentar yang lain. "Kita harus memisahkan penyanyi dan idol, Kenapa idol yang lipsync disebut penyanyi?" imbuh yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru