Kasus Lee Seung Gi Vs Hook Bikin Pemerintah Korea Selatan Tersentil Ajukan RUU
Selebriti

Selain mengejutkan publik, kasus Lee Seung Gi tidak menerima bayaran sebagai penyanyi dari agensi Hook Entertainment sejak debut membuat pemerintah Korea Selatan tergerak melindungi hak artis.

WowKeren - Kasus Lee Seung Gi versus Hook Entertainment rupanya telah bikin pemerintah setempat tersentil. Politisi Korea Selatan kini tengah dilaporkan menyusun rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mencegah terjadinya kasus yang sama.

Pada Rabu (21/12), politisi Lim Jong Seong dari Partai Demokrat sekaligus anggota parlemen menyampaikan kepada Dispatch terkait RUU tersebut. Pemerintah disebutkan tengah mengusulkan RUU demi mencegah "Lee Seung Gi Ke-2". RUU yang disusun mewajibkan agensi menunjukkan laporan akuntansi pada artisnya.

"Saat ini, artis bisa mendapatkan informasi akuntansi berdasarkan permintaan. Undang-undang ini akan mewajibkan label untuk membagikannya," kata Lim Jong Seong.

Jika sebelumnya agensi memberikan informasi pembukuan kepada artis apabila diminta, pemerintah mendorong perubahan agar hal itu menjadi wajib. RUU menuntut agensi mengirimkan informasi pembukuan setidaknya setahun sekali, baik diminta atau tidak.


Upaya pemerintah ini diharapkan bisa membantu artis yang merasa sulit menerima perincian keuangan. Seperti diketahui, tidak sedikit selebriti yang sulit mendapatkan pembukuan transparan dari agensi.

"Selebriti pemula atau selebritas yang takut berkonflik dengan agensinya mungkin akan kesulitan meminta dokumen akantansi. Saya harap dengan mewajibkan label untuk mengungkapkan pembukuan mereka setahun sekali, akan ada lebih sedikit masalah yang timbul dari praktik yang tidak adil," beber Lim Jong Seong.

RUU ini diusulkan sebagai tanggapan antara konflik Lee Seung Gi dan Hook Entertainment. Secara mengejutkan, mantan agensi tidak membayar gaji Lee Seung Gi sebagai penyanyi sejak debut.

Sementara itu, Lee Seung Gi telah mengajukan gugatan secara resmi terhadap Hook Entertainment. Dalam hal ini CEO Kwon Ji Young dan dua direktur lainnya akan berhadapan langsung dengan Lee Seung Gi.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru