Raja Sepak Bola Brasil Pele Tutup Usia Akibat Kegagalan Organ dan Kanker
Instagram/pele
Selebriti

Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, telah dirawat di rumah sakit di Sao Paulo pada akhir November 2022 lalu karena infeksi pernapasan dan komplikasi terkait kanker usus besar.

WowKeren - Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (29/12) waktu setempat. Ia menghembuskan napas terakhir di usia 82 tahun.

Putri Pele, Kely Nascimento, mengkonfirmasi kabar meninggalnya sang ayah lewat unggahan di Instagram. Ia mengunggah foto sejumlah anggota keluarga memegangi tangan Pele yang terbaring di ranjang.

"Semua yang kami miliki, adalah berkat Anda," tulis Kely Nascimento. "Kami mencintaimu tanpa batas. Istirahat dengan damai."

Prosesi pemakaman Pele dijadwalkan hari Senin (2/1) dan Selasa (3/1) pekan depan. Rencananya, peti mati Pele akan diusung melalui jalan-jalan Santos, kota pesisir tempat kariernya dimulai, sebelum dimakamkan.


Diketahui, Pele telah dirawat di rumah sakit di Sao Paulo pada akhir November 2022 lalu karena infeksi pernapasan dan komplikasi terkait kanker usus besar. Pekan lalu, pihak rumah sakit telah menyatakan bahwa kesehatan Pele memburuk saat kankernya berkembang. Menurut pernyataan dari Rumah Sakit Albert Einstein, Pele meninggal karena kegagalan banyak organ akibat perkembangan kanker usus besar.

Sementara itu, nama Pele telah identik dengan sepak bola selama lebih dari 60 tahun. Ia bermain di empat pertandingan Piala Dunia dan menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan tiga Piala Dunia.

"Saya dilahirkan untuk bermain sepak bola, seperti Beethoven dilahirkan untuk menulis musik dan Michelangelo dilahirkan untuk melukis," ujar Pele semasa hidupnya.

Pemain yang dijuluki "The King" tersebut diperkenalkan ke dunia pada usia 17 tahun di Piala Dunia 1958 di Swedia. Ia menjadi pemain termuda di ajang turnamen Piala Dunia. Di babak final, Pele mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 Brasil atas negara tuan rumah.

Ia dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat dan menghabiskan hampir dua dekade memesona penggemar sebagai pencetak gol paling produktif bersama klub Brasil Santos dan tim nasional Brasil. “Jika saya meninggal suatu hari, saya senang karena saya berusaha melakukan yang terbaik,” kata Pele kepada majalah online The Talks.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru