Riwayat Hidup
Instagram/phs1116
Selebriti

Intip perjalanan panjang aktor tampan Park Hyung Sik yang mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai idol K-Pop hingga kini menjadi aktor sukses dengan julukan 'King of Romantic Comedy'.

WowKeren - Park Hyung Sik lahir di Yongin, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 16 November 2021. Ia terlahir di tengah keluarga berada dan memiliki seorang kakak yang berusia dua tahun lebih tua. Ayahnya sempat dirumorkan sebagai CEO BMW Korea, namun kabar tersebut telah dibantah Park Hyung Sik. Menurutnya, ayahnya hanyalah anggota dewan direksi perusahaan mobil mewah tersebut.

”Saya tahu dia tergabung di perusahaan (BMW Korea), tetapi saya tidak tahu apakah dia berada di posisi yang tinggi. Saya bertanya kepadanya, 'Kamu benar-benar anggota dewan, kan?', dan dia menunjukkan kartu namanya,” terang Park Hyung Sik dalam wawancaranya di SBS.

Sejak kecil, Park Hyung Sik memiliki hubungan yang dekat dengan keluarganya. Ia juga memiliki nafsu makan besar hingga bisa memakan empat bungkus ramen sekaligus. Park Hyung Sik dan kakaknya bahkan pernah dihukum oleh sang ibu lantaran menghabiskan empat porsi makanan yang disediakan untuk keluarga.

Saat SMP, Park Hyung Sik tergabung dalam sebuah band sebagai vokalis. Setelah mengikuti kompetisi band terakhirnya di kelas 3 SMP, Park Hyung Sik menerima banyak kartu nama dari agensi hiburan yang ingin merekrutnya. Pria berzodiak Scorpio tersebut akhirnya memutuskan untuk ikut audisi dengan dukungan orangtuanya.

Park Hyung Sik berhasil lolos audisi dan memulai perjalanan sebagai trainee idol. Sayangnya, ia mengalami pengalaman pahit dan menjadi korban bullying. Pengalaman buruk tersebut membuat Park Hyung Sik yang kala itu baru masuk SMA mengalami depresi.

”Saat itu aku berada di bawah perusahaan yang berbeda,” terang Park Hyung Sik di program “Healing Camp” pada 2015. “Karena saya dekat dengan manajer yang memilih saya, di mata trainee lain saya terlihat seperti sedang menjilatnya. Pada titik tertentu, mereka berhenti makan dengan saya, dan mereka tidak mau menanggapi saya bahkan jika saya mencoba berbicara dengan mereka.”

Akhirnya, Park Hyung Sik memutuskan untuk pindah bersama manajernya dan bergabung dengan agensi Star Empire. Di sana, Park Hyung Sik memperbaiki kemampuan menarinya hingga berhasil debut sebagai idol bersama ZE:A. Park Hyung Sik dan ZE:A lantas debut dengan album single “Nativity” pada 7 Januari 2010.

Tak hanya aktif sebagai idol, Park Hyung Sik juga sudah mulai melebarkan sayap ke dunia akting. Pada 2011, Park Hyung Sik membuktikan kemampuan vokalnya lewat teater musikal “Temptation of Wolves” yang juga dibintangi oleh Ryeowook Super Junior. Namun karier aktingnya baru resmi dimulai ketika ia membintangi drama special “I Remember You” pada 2012. Di tahun yang sama, ia juga mendapatkan peran di serial drama “Foolish Mom” sebagai seorang vokalis band indie.

Park Hyung Sik juga berhasil menarik perhatian publik lewat penampilannya di variety show “Real Men” pada 2013. Acara tersebut menunjukkan perjuangan para selebriti yang menjalani kehidupan militer. Dengan kepolosan dan tekadnya yang menggemaskan, ia sampai mendapat julukan “Soldier Baby” alias “prajurit bayi” berkat acara tersebut.

Masih di tahun 2013, Park Hyung Sik dipercaya untuk memerankan karakter Clyde di teater musik “Bonnie & Clyde”. Ia juga mendapat peran pendukung di drama hits “The Heirs” yang turut dibintangi oleh Park Shin Hye dan Lee Min Ho.

Meski sudah tampil di banyak drama dan teater musikal, akting Park Hyung Sik semakin diperhatikan usai ia membintangi serial “High Society” pada 2015. Dalam serial tersebut, sang aktor berperan menjadi seorang keturunan konglomerat yang jatuh cinta dengan seorang gadis biasa.

Pada 2016, Park Hyung Sik membintangi drama “Hwarang” bersama Park Seo Joon hingga V BTS. Ia kemudian mengamankan peran sebagai karakter utama di drama “Strong Girl Bong Soon” bersama Park Bo Young pada 2017. Drama komedi romantis tersebut menuai kesuksesan besar hingga membuat popularitas Park Hyung Sik meroket.

Akting apik Park Hyung Sik sebagai CEO muda di “Strong Girl Bong Soon” membuatnya dinilai berhasil melepas label “idol” dan menjadi aktor seutuhnya. Menurut Park Hyung Sik, mempelajari sendiri karakter yang akan ia perankan membantunya berakting lebih baik.

”Ketika saya pertama kali memulai karier akting, saya hanya tahu apa yang diajarkan oleh guru akting saya. Ketika seorang sutradara memberi saya arahan dadakan, saya tidak tahu apa yang dia ingin saya lakukan dan saya ingin melarikan diri dari tempat itu,” ungkap Park Hyung Sik.

Di sisi lain, kontrak Park Hyung Sik dan para member ZE:A lainnya berakhir pada Januari 2017. Park Hyung Sik memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya dan pindah ke agensi United Artists Agency (UAA) yang turut menaungi aktris Song Hye Kyo. Meski demikian, Park Hyung Sik kala itu memastikan bahwa ZE:A tidak bubar.

”Seperti yang dilaporkan secara resmi, banyak member sekarang berada di bawah agensi yang berbeda; namun, meskipun demikian, kami masih satu grup, itulah mengapa nama ZE:A tetap ada. Ketika saya memikirkan sesama member, saya sedikit sedih. Saya benar-benar ingin mereka semua sukses dan bahagia…Karena kami melewati masa-masa sulit bersama, saya pikir penting bagi kami untuk saling mendukung upaya satu sama lain…Inilah mengapa saya tidak ingin mengaitkan kata 'bubar' dengan ZE:A,” terang Park Hyung Sik pada 2017.

Setelah ZE:A hiatus, Park Hyung Sik makin aktif menggeluti dunia akting. Ia debut layar lebar lewat film “Juror 8”. Terinspirasi dari kisah nyata, film tersebut bercerita tentang delapan orang biasa yang dipilih secara acak untuk menjadi juri dalam sidang juri pertama di Korea pada tahun 2008. Akting apik Park Hyung Sik diganjar dengan penghargaan Best New Actor dari Korean Association of Film Critics Awards 2019.

Sang aktor kemudian memulai wajib militer alias wamil sejak 10 Juni 2019. Ia bergabung di departemen polisi militer Komando Pertahanan Ibukota sebagai prajurit tugas aktif dan resmi mengakhiri wamilnya pada Januari 2021.

Keluar wamil, Park Hyung Sik langsung kembali berakting lewat serial drama thriller “Happiness” bersama Han Hyo Joo pada 2021. Tak hanya itu, Park Hyung Sik juga mendirikan agensinya sendiri, P&Studio, bersama manajer lamanya. Adapun P&Studio merupakan anak perusahaan dari agensi Park Hyung Sik sebelumnya, UAA.

Pada 2022, ia membintangi drama romantis “Soundtrack #1” bersama Han So Hee. Ia juga muncul di reality show “In The Soop: Friendship Trip” bersama geng artisnya, Wooga Squad, yang terdiri dari Park Seo Joon, Choi Woo Sik, V, dan Peakboy.

Dari sisi kehidupan pribadi, Park Hyung Sik sempat dirumorkan menjalin hubungan asmara dengan lawan mainnya di “Strong Girl Bong Soon”, Park Bo Young. Chemistry manis di antara mereka membuat Park Hyung Sik dan Park Bo Young kerap di-ship oleh penggemar.

Park Hyung Sik sendiri sempat mengakui bahwa dirinya “mencintai” Park Bo Young. “Park Bo Young-noona, aku sangat mencintaimu. Kamu sangat menyenangkan. Kamu benar-benar Bong Soon. Karena kamu adalah Bong Soon yang sempurna, sangat alami bagiku untuk mencintaimu. Aku ingin lebih mencintaimu tapi aku sedih ini sudah berakhir,” tutur Park Hyung Sik dalam sebuah wawancara.

Sementara itu, Park Bo Young juga mengakui bahwa dia bisa dengan mudah jatuh karena tatapan tajam Park Hyung Sik. “Park Hyung Sik memiliki tatapan yang manis. Jika dia hanya menatapku seperti itu, aku akan pingsan, tetapi dia bahkan memandang sutradara dengan cara yang sama,” ujar Park Bo Young. Hingga kini, baik Park Hyung Sik maupun Park Bo Young tak pernah mengkonfirmasi adanya hubungan spesial di antara mereka.

Di sisi lain, Park Hyung Sik merupakan salah satu selebriti yang minim kontroversi. Meski demikian, ia pernah dikritik media Korea atas sikapnya yang “tidak tulus” dalam wawancara pada 2015 silam. Outlet berita Kukmin Ilbo merilis artikel bertajuk “’Apakah Anda memiliki star syndrome?’ Park Hyung-sik, kontroversi wawancara diam” terkait sikap sang aktor.

Menurut artikel tersebut, reporter yang mewawancarai Park Hyung Sik menyoroti sikapnya yang “tidak tulus”. Wawancara tersebut dilakukan bertepatan dengan berakhirnya serial drama “High Society”. Reporter itu berkata, "Park Hyung Sik secara konsisten tidak termotivasi dalam wawancara." Selain itu, Park Hyung Sik juga dilaporkan hanya memberikan jawab singkat atau bahkan keluar dari konteks pertanyaan.

Netizen yang membaca artikel tersebut memberikan komentar beragam. Ada komentar seperti, “Apakah kamu menderita star syndrome?”, “Kamu bukan baby soldier yang dulu kukenal”, hingga “Aku mengerti kamu lelah, tapi ini mengecewakan.”

Selain itu, syuting drama “High Society” juga sempat membuat penggemar Park Hyung Sik salah paham. Jika biasanya Park Hyung Sik setia menyapa dan melambaikan tangan pada penggemar kala berpromosi bersama ZE:A, ia tidak melakukannya kala sedang syuting. Hal tersebut membuat penggemar berpikir Park Hyung Sik telah berubah sejak mendapat peran di drama tersebut.

Namun dalam wawancaranya dengan outlet berita TV Report, Park Hyung Sika meminta maaf atas kesalahpahaman tersebut. Ia mengaku mendalami karakternya sebagai Yoo Chang Soo di “High Society” hingga mungkin sikapnya berubah di mata penggemar.

”Saya minta maaf kepada semua penggemar yang mungkin merasa saya telah berubah,” beber Park Hyung Sik. “Saya cenderung terserap ke dalam karakter saya sebelum mulai syuting. Tidak mudah untuk tiba-tiba menjadi karakter saat syuting dimulai. Itu sebabnya saya biasanya tetap dalam karakter sampai drama berakhir.”

Terlepas dari kritik yang sempat diterimanya, Park Hyung Sik kerap memanfaatkan platformnya untuk berbuat kebaikan. Park Hyung Sik menjadi salah satu selebriti yang mendonasikan barang pribadi mereka untuk dijual di Family Flea Market 2017 yang digelar Women in Film Association of Korea. Barang-barang di pasar loak tersebut hanya dapat dibeli dengan uang tunai, dan semua hasilnya akan digunakan untuk kemajuan wanita di industri film.

Hingga saat ini, Park Hyung Sik masih aktif berkarya di dunia akting. Ia kini tengah membintangi drama saeguk “Our Blooming Youth” bersama aktris muda Jeon So Nee. Jika ingin tahu lebih banyak soal Park Hyung Sik, kalian bisa ikut berita terbaru di laman profilnya ini!

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait