Dispatch Bongkar Lee Soo Man Menipu Investor Hingga Jadi Buronan Interpol
Naver
Selebriti

Dari berbagai poin yang dijabarkan Dispatch, hal yang cukup mencuri perhatian adalah tindakan kriminal yang dilakukan oleh Lee Soo Man. Pria itu dituduh menipu hingga menjadi buronan interpol.

WowKeren - Dispatch ikut turun tangan dalam seteru Lee Soo Man melawan tim manajemen SM Entertainment. Pada Jumat (17/2), media Korea Selatan itu merilis 118 poin fakta mengenai pendiri SM yakni Lee Soo Man dan co-CEO SM yaitu Lee Sung Soo.

Dari berbagai poin, hal yang cukup mencuri perhatian adalah tindakan kriminal yang dilakukan oleh Lee Soo Man. Pria itu dikatakan pernah melakukan pembayaran terselubung (ilegal) untuk meningkatkan kapitalisasi SM Entertainment.

Lee Soo Man dituduh mengambil uang dari SM Entertainment dan mengembalikannya lagi ke agensi tersebut seolah itu adalah uang baru. "Peningkatan modal digunakan untuk menarik dana dari investor luar ke dalam perusahaan," ungkap seorang pejabat bursa saham.

Namun dalam kasus pembayaran terselubung, sebenarnya tidak ada uang baru yang masuk ke perusahaan. "Dia mengeluarkan uang dari perusahaan dan memasukkannya kembali, menghasilkan nol bersih. Ini adalah tindakan menipu investor seolah-olah perusahaan menarik investasi. Ini pada dasarnya penipuan," sambung pejabat tersebut.


Lantas pada Januari 2003, Lee Soo Man masuk dalam daftar buronan Interpol. Pria itu kembali Korea secara sukarela pada Mei 2003 dan diinterogasi oleh jaksa. "Dia dijatuhi hukuman percobaan tiga tahun dengan dua tahun penjara jika dia melanggar masa percobaan," tulis Dispatch.

Dispatch mendapatkan dokumen keputusan pengadilan atas hukuman Lee Soo Man itu. Lebih lanjut, pria itu juga dianggap menggelapkan 1,15 miliar won dana perusahaan dan menggunakannya untuk membeli saham agensi.

"Dia pura-pura membayar saham tetapi dilaporkan seolah-olah total modal perusahaan meningkat. Karena sifat kejahatan yang serius, hukuman yang sesuai dengan beratnya kejahatan tidak dapat dihindari," bunyi keputusan pengadilan.

Dispatch lebih lanjut membeberkan bahwa Lee Soo Man menggelapkan uang dan mendaftarkan SM Entertainment di bursa saham. Dia telah menjual ratusan ribu saham dan mengumpulkan lebih dari 450 miliar won, tidak termasuk nilai saham yang masih dia pegang namun pada akhirnya akan dijual.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait