Fans Korea Komplain Soal Debut aespa di Amerika Serikat, Remehkan Popularitas dan Prestasi
Instagram/aespa_official
Musik

Postingan ini pun mendapat cukup banyak perhatian dari pengguna Nate Pann lainnya. Netizen yang lain tak mempermasalahkan jika aespa debut di AS dan tak menganggap popularitas mereka akan turun.

WowKeren - Segera setelah aespa dikabarkan bersiap untuk debut di Amerika Serikat, para penggemar di Korea mencurahkan kekhawatiran. Seorang netizen yang mengaku sebagai penggemar aespa baru-baru ini mempublikasikan sebuah postingan di komunitas online Nate Pann, mengungkapkan keinginannya agar aespa tidak akan debut resmi di AS.

Dalam postingan tersebut, netizen itu berkata, "Sejak tahun lalu, aespa telah banyak melakukan promosi di AS dengan berbagai aktivitas, jadi aku pikir mereka kuat dalam hal popularitas dan fandom di sana... Tapi sebenarnya tidak seperti itu."

Netizen ini menjelaskan, "aespa telah menandatangani kontrak dengan agensi AS dan label rekaman selama lebih dari setahun tapi mereka hampir tidak mencapai 8-10 juta pengguna bulanan ketika mereka aktif dan turun menjadi sekitar 4 juta selama hiatus mereka", menambahkan, "Bahkan di Korea, popularitas mereka telah menurun secara signifikan dan mereka kekurangan penggemar berat untuk secara aktif mendukung aktivitas."

Terakhir, netizen itu berbagi, "Mereka belum merilis full album di Korea tapi agensi sudah berencana untuk membuat album AS? Kekuatan digital aespa telah melemah, jadi aku harap mereka dapat mempertahankan dan meningkatkan fandom dan pengakuan grup tersebut di Korea terlebih dahulu."

Postingan ini pun mendapat cukup banyak perhatian dari pengguna Nate Pann lainnya. Berlawanan dengan isi postingan, para netizen yang lain tak mempermasalahkan jika aespa debut di AS dan tak menganggap popularitas mereka akan turun.


Fans Korea Komplain Soal Debut aespa di Amerika Serikat, Remehkan Popularitas dan Prestasi

Nate Pann

"aespa nggak menimbulkan kontroversi tapi kamu malu karena hasil dan pencapaiannya tidak bagus? Kalau kamu sangat menyukai prestasi, maka kamu harus jadi fans BTS atau BLACKPINK," komentar netizen.

"aespa nggak pernah bertujuan untuk berpromosi hanya di negara tertentu, keke. Mereka mendapatkan popularitas hanya dengan lagu-lagu Korea. Mereka belum menandatangani kontrak apa pun dengan label luar negeri dan hanya mendapatkan popularitas sendiri," kata netizen lainnya.

"Karena grup masih dapat menarik penggemar di Jepang dan Tiongkok bahkan tanpa aktivitas, mereka hanya dapat menargetkan negara lain, kekeke," ujar netizen. "Popularitas aespa menurun di Korea? Aku pikir malah sebaliknya. Setelah 'Spicy', NingNing jadi lebih terkenal. Winter dan Karina masih menjadi idol wanita teratas sementara Giselle mendapat lebih banyak fans cewek," imbuh yang lain.

"Agensi tahu bahwa pengakuan aespa menurun di Korea dibandingkan dengan grup generasi ke-4 lainnya. aepsa bukan lagi grup rookie karena mereka sudah debut selama 3 tahun, jadi mereka tidak punya pilihan selain pergi ke luar negeri seperti BLACKPINK. Bahkan jika mereka main 'habis-habisan' di Korea, mereka nggak sekompetitif tim lain," tambah lainnya.

Sementara itu, komentar tentang popularitas aespa di Jepang dan Tiongkok memang benar adanya. Girl grup tersebut meraih penjualan pre-order sebanyak 1 juta copy hanya dari fans Tiongkok untuk mini album "MY WORLD", dan konser solo mereka di Tokyo Dome pada 5-6 Agustus mendatang telah sold out.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait