Ucapan Xiumin EXO ke Member NCT Jepang Soal Nyanyi Vs Dance Jadi Perdebatan di Korea
Instagram/e_xiu_o
Musik

Saran tersebut dianggap tepat karena banyak idol generasi keempat yang dikritik saat penampilan encore mereka. Xiumin juga dianggap berhak memberikan nasihat ini sebagai member EXO.

WowKeren - Xiumin EXO membuat heboh dengan nasihatnya yang "keras" kepada calon member NCT unit Jepang tentang bernyanyi secara live. Nasihat tersebut diungkapkan member tertua EXO itu saat tampil di episode kelima "NCT Universe: LASTART," acara survival SM Entertainment untuk memilih member NCT unit Jepang.

Di sana, Xiumin mengambil peran sebagai mentor bagi para trainee dan membantu mereka tampil sebaik mungkin dalam performance berikutnya. Xiumin langsung menarik perhatian karena tidak hanya membimbing para trainee menampilkan tarian mereka dengan baik, tapi juga memberikan nasihat yang dapat membantu mereka menjadi idol K-pop.

Menurut Xiumin, kemampuan vokal harus diutamakan dibandingkan kemampuan menari. Hal ini karena banyak orang yang cenderung melihat seorang idol sebagai orang yang tidak berbakat jika mereka menyanyi dengan buruk di atas panggung, tidak peduli seberapa berbakatnya mereka dalam menari atau aspek lainnya.

"Jujur saja, menari itu kurang penting. Yang terpenting (saat tampil) adalah menyanyi. Kalau kamu tidak pandai menyanyi (live), sehebat apa pun kamu dalam menari, kamu akan terlihat tidak berbakat," kata Xiumin.


Ucapan Xiumin EXO ke Member NCT Jepang Soal Nyanyi Vs Dance Jadi Perdebatan di Korea

Twitter

Pada 27 Agustus, netizen pun mau tidak mau menyetujui ucapan sang idol. Saran tersebut dianggap tepat karena banyak idol generasi keempat yang dikritik saat penampilan encore mereka. Xiumin juga dianggap berhak memberikan nasihat ini sebagai member dari grup yang dikenal lewat kemapuan menyanyinya.

"Kalau kamu buruk dalam menyanyi dan cuma bisa menari, maka kamu cuma dancer. Itu juga membuatku bertanya-tanya kenapa mereka malah disebut 'idol'," komentar netizen. "Sejujurnya, Xiumin benar-benar terlihat berpengalaman. Aku menonton video itu dan kalian bisa mengetahui senioritasnya saat dia memberikan masukan kepada para trainee setelah sesi syuting mereka," kata netizen lainnya. "Dia berhak mengatakan hal seperti itu," imbuh yang lain.

"Mereka memang penyanyi, jadi tentu saja bernyanyi lebih penting," ujar netizen. "Kalau kamu nggak bisa menyanyi dan cuma bisa menari, maka kamu hanyalah seorang penari. Kalau kamu diberkati untuk masuk dalam kategori main dancder, setidaknya kamu harus memiliki kemampuan vokal rata-rata," tambah lainnya.

Beberapa menyuarakan betapa banyak penggemar yang hanya ingin idol favorit mereka dapat menyanyikan bagian mereka dengan benar, sementara yang lain menyatakan bahwa menyanyi live adalah hal yang minimal. "Fans bertindak seolah idolnya harus selevel Mariah atau Whitney, padahal mereka cuma diharapkan menyanyikan dua baris kecil mereka dengan tepat sesuai irama," komentar yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait