RIIZE, Jungkook BTS, dan SEVENTEEN Selamatkan Prestasi Penyanyi K-Pop Pria di 2023
Instagram/riize_official
Musik

Media Korea menerangkan kalau RIIZE, Jungkook BTS, dan SEVENTEEN menjadi penyanyi pria paling kuat di tahun 2023. Prestasi ketiganya dianggap menyelamatkan peringkat penyanyi pria melawan girl group.

WowKeren - RIIZE, Jungkook BTS, dan SEVENTEEN (II) menyelamatkan prestasi penyanyi K-Pop pria di 2023. Pada hari Senin (11/12), media Korea, Edaily, menyebutkan kalau ketiganya menjadi satu-satunya yang dianggap paling berhasil melawan kesuksesan girl group.

Dalam pemberitaan tersebut, RIIZE, Jungkook, dan SEVENTEEN dibeberkan sebagai penyanyi pria dengan prestasi paling membanggakan tahun ini. Prestasi ketiganya dianggap membuktikan kalau prediksi pakar musik bisa dipatahkan.

Sebelumnya, pakar menyebutkan kalau industri musik Korea tahun ini akan didominasi dengan girl group generasi empat. NewJeans, IVE, LE SSERAFIM, dan aespa disebutkan sangat sulit dilawan oleh penyanyi ternama sekalipun. Apalagi, keempat grup tersebut menghancurkan prasangka bahwa "girl group tidak menghasilkan uang".

Namun, RIIZE, Jungkook, dan SEVENTEEN dijelaskan jauh lebih unggul dari girl group generasi empat dalam hal penjualan album. Ketiganya berhasil menjual lebih dari dua juta keping album tahun ini. Tak hanya dari segi penjualan, RIIZE, Jungkook, dan SEVENTEEN juga sukses bersaing dengan girl group di tangga musik tahun ini.

RIIZE diungkapkan layak memperoleh julukan "monster rookie" atas prestasi gemilang mereka. "RIIZE, yang memulai debutnya pada bulan September, memasuki chart Melon Top 100 di nomor 80 dan memuncak di nomor 16, dan dengan cepat menjadi terlaris dengan 1,01 juta kopi di minggu pertama, mendapatkan gelar 'monster rookie,' " beber Edaily.


Edaily menambahkan kalau Jungkook membuktikan kalau ia bisa tetap mengukir sejarah dengan karya solonya. "Jungkook menduduki peringkat pertama Melon Top 100 selama empat minggu berturut-turut dengan single ‘Seven’ yang dirilis Juli lalu," jelas Edaily. Media ini melanjutkan, "Album lengkap Jungkook 'Golden', yang dirilis November lalu, terjual lebih dari 2,43 juta kopi di minggu pertama perilisannya, mencatat penjualan minggu pertama tertinggi oleh artis solo K-pop sepanjang masa."

Selain RIIZE dan Jungkook, Edaily menerangkan kalau SEVENTEEN juga memamerkan kekuatan mereka di tahun 2023 ini. "SEVENTEEN menjadi boy grup K-pop pertama yang menduduki peringkat pertama Melon's Top 100 tahun ini dengan 'God of Music' yang dirilis bulan lalu (akhir Oktober)," jelas Edaily.

Tak hanya prestasi, cara RIIZE, Jungkook, dan SEVENTEEN mematahkan perspektif bermusik juga diacungi jempol. "Di pasar girl grup K-pop saat ini, lagu-lagu yang enak didengarkan dengan lirik subjektif adalah hal yang dominan. 'Seven' milik Jungkook, 'God of Music' milik SEVENTEEN, dan 'Get a Guitar' milik RIIZE juga merupakan musik cemerlang yang mencerminkan tren ini, dan juga merupakan contoh mematahkan stereotipe artis pria K-pop yang hanya menampilkan genre dance yang kuat," sanjung Edaily.

Choi Young Gyun, kritikus musik populer juga menguatkan pendapat Edaily atas keberhasilan RIIZE, Jungkook, dan SEVENTEEN. "Pencapaian Jungkook, SEVENTEEN, dan RIIZE tahun ini bukan karena pengakuan, tapi cerminan tanggapan yang baik terhadap lagu-lagu itu sendiri," ungkapnya.

Young Gyun menambahkan kalau masa di mana boy group dan girl group bersaing ketat akan segera tiba. "Akan tiba saatnya ketika girl group dan boy group bersaing secara setara dalam hal fandom dan popularitas," tutup sang pakar musik.

Di sisi lain, RIIZE memulai debut mereka dengan "Get A Guitar" pada awal September lalu. Jungkook resmi debut solo dengan merilis "Seven" pada Juli lalu. Sedangkan, SEVENTEEN comeback dengan "God of Music" pada akhir Oktober lalu. Ketiga lagu ini tak hanya mempertahankan posisi musik di tangga musik, tetapi juga sukses viral di media sosial.

(wk/alfa)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru