Daniel Mananta Akui Depresi Usai Divonis Idap Penyakit Mirip Celine Dion
Instagram/vjdaniel
Selebriti

Daniel Mananta menceritakan perjuangannya melawan sakit tumor pada pita suara yang juga pernah menyerang sederet penyanyi kelas dunia. Gara-gara penyakit itu, Daniel sempat kehilangan suaranya selama berbulan-bulan.

WowKeren - Daniel Mananta sempat divonis menderita penyakit yang juga pernah menyerang sederet penyanyi dunia seperti Celine Dion, Sam Smith, hingga Whitney Houston. Peyakit yang dimaksud adalah tumor pada pita suara.

Saat diundang ke podcast dokter Richard Lee yang tayang pada Minggu (24/12), Daniel menceritakan perjuangannya melawan penyakit tersebut. Meski tumor yang bersarang di pita suaranya termasuk jinak, tapi gara-gara itu Daniel jadi kehilangan suaranya selama berbulan-bulan.

"Gue kehilangan suara gue, waktu itu tahun 2012. Gue kira mungkin seminggu bakal balik lagi, ternyata selama 2 bulan (suara gue masih hilang). Di situ akhirnya gue ke dokter dan dokter bilang ada tumor jinak di pita suara gue. Itu dia bilang nodul atau singer's node. Kebanyakan yang kena penyakit ini penyanyi (kayak) Celine Dion, Whitney Houston, Sam Smith. Terus gue kayak, wow, penyakit gue orang-orang keren yang kena ya," ungkap Daniel.

Sampai akhirnya dokter menyarankan Daniel untuk dioperasi. Sayangnya bahkan setelah dioperasi, suara Daniel tetap tak kembali. Padahal, Daniel sudah ada jadwal untuk nge-MC bersama Ayu Dewi. Alhasil Daniel tetap memaksakan diri untuk bekerja, kendati pita suaranya yang menjadi korban.

Daniel Mananta Akui Depresi Usai Divonis Idap Penyakit Mirip Celine Dion

Source: YouTube


Sepulang dari nge-MC, Daniel merasa terpuruk. Ia mengaku sempat depresi kala itu.

"Gue depresi banget. Di situ gue putus harapan banget, gue depresi sedepresi-depresinya. Gue bangung tidur kayak 'gue enggak ada gunanya ya'," kata presenter 42 tahun ini.

Dalam kondisinya yang hampir menyerah, Daniel mengaku ditolong oleh sang sahabat, Sandra Dewi. Istri Harvey Moeis itu menyarankan dirinya untuk pergi ke pemuka agama yang mungkin bisa mengobati sakitnya.

"Saat itu Sandra Dewi ngechat gue 'Niel, suara lo gimana? Gue punya kenalan seorang Katolik Karismatik Evangeles, dia punya karunia penyembuh'. Terus gue bilang 'San, apa pun gue coba'," bebernya. "Saat itu gue didoain, gue diminta untuk memaafkan seseorang. Ketika gue mulai memaafkan orang tersebut, gue nangis sejadi-jadinya dan itu aneh banget. Air mata enggak bisa berhenti."

Setelah didoakan, Daniel mengaku suaranya masih belum kembali. Namun, ia justru merasakan ketenangan jiwa yang selama ini dicari-cari. Lambat laun, kondisi fisik Daniel pun pulih, dan semuanya berkat jiwanya yang sembuh lebih dulu berkat pertolongan Tuhan.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait