Plot 'Exhuma' Picu Spekulasi Liar Adanya Pasak Besi yang Ditanam di Indonesia
Naver
Film

'Exhuma' menceritakan tentang dua dukun (Kim Go Eun dan Lee Do Hyun), petugas pemakaman (Yoo Hae Jin), dan ahli feng shui (Choi Min Sik) yang merelokasi kuburan misterius.

WowKeren - "Exhuma" menjadi salah satu film Korea Selatan yang laris manis menjadi tontonan warga Indonesia di bioskop. Film yang dibintangi Kim Go Eun dan Lee Do Hyun itu tercatat telah melampaui 1,3 juta penonton pada perhitungan Minggu (11/3) lalu.

Pembahasan terkait plot "Exhuma" pun menjadi marak di TikTok. Bahkan, sampai muncul spekulasi liar tentang adanya pasak besi yang ditanam di Indonesia. Pasalnya, Indonesia dan Korea Selatan sama-sama merupakan negara yang pernah dijajah oleh Jepang.

Spekulasi liar yang berkembang itu menyatakan, "Jangan-jangan ada Pasak Besi yang juga ditanam di Indonesia selama masa pendudukan Jepang dan itu yang bikin Indonesia nggak bisa maju dan mudah terpecah belah. Dan kita harus cari dan cabut."

Spekulasi liar ini pun langsung ramai dikomentar warganet Indonesia dan banyak yang rupanya berpikir hal sama. "Gue yakin si tu besi ditancepin di Depok[sic!]," tulis seorang warganet. "Wkwkkwkw bisa jd sih, dukun kita kan jg banyak jadi bisa lahh[sic!]," tambah yang lain.


Plot \'Exhuma\' Picu Spekulasi Liar Adanya Pasak Besi yang Ditanam di Indonesia

Source: Naver

"Memang ada serupa kaya pasak besi yang ditanem sama tentara Jepang, terutama di goa Jepang, tapi bukan siluman lebih ke entitas. liat youtubenya kisah tanah jawa deh[sic!]," sahut warganet lainnya. "Iya itu ditanam di bekasi[sic!]," imbuh lainnya.

Di sisi lain, Exhuma" menceritakan tentang dua dukun (Go Eun dan Do Hyun), seorang petugas pemakaman (Yoo Hae Jin), dan seorang ahli feng shui (Choi Min Sik) yang merelokasi kuburan misterius dengan imbalan sejumlah besar uang.

Popularitas "Exhuma" di Indonesia sempat menjadi perbincangan panas netizen Korea Selatan. Mereka bingung mempertanyakan alasan banyak penonton luar negeri menontonnya dan apakah orang-orang Indonesia memahami tentang film perdukunan mereka.

Sementara itu, "Exhuma" telah melampaui 8 juta penonton bioskop di Korea. Demi menarik lebih banyak penonton, tim produksi juga mengumumkan akan mengadakan penayangan spesial yang dikhususkan bagi para penonton penakut.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait