KBS Ancam BBC usai Dituding Bela Jung Joon Young dalam Kasus Burning Sun
X
TV

Stasiun televisi KBS membantah tuduhan yang mengatakan bahwa mereka menyewa pengacara untuk menghubungi korban Jung Joon Young. Tuduhan ini terdapat dalam film dokumenter 'Burning Sun' yang ditayangkan BBC.

WowKeren - KBS merilis pernyataan resmi untuk membantah tuduhan miring dalam film dokumenter "Burning Sun" yang ditayangkan oleh BBC. Merasa nama baiknya dicoreng, stasiun penyiaran terbesar di Korea ini pun menuntut BBC.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Selasa (21/5), KBS mengecam sebuah segmen dalam film dokumenter di mana seorang jurnalis Korea menuduh pengacara KBS memaksa dan menekan korban Jung Joon Young. Dengan kata lain, KBS dianggap telah membela Joon Young yang merupakan pelaku utama tindak kejahatan perekaman dan penyebaran video syur.

"Jurnalis yang tampil dalam film dokumenter BBC News Korea Burning Sun mengklaim bahwa pengacara KBS menghubungi dan menekan para korban Jung Joon Young. Klaim ini tidak benar dan tidak berdasar," ungkap pengacara KBS.

KBS kemudian mengklarifikasi bahwa pengacara yang memberi nasihat kepada korban tentang kemungkinan konsekuensi hukum adalah pengacara korban dan bukan perwakilan perusahaan penyiaran. Jadi, KBS merasa tidak melakukan hal yang dituduhkan oleh jurnalis Korea dalam film dokumenter tersebut.

"Ketika para korban menyatakan bahwa mereka takut setelah seorang pengacara memberi nasihat jika bukti mereka tidak cukup maka mereka mungkin menghadapi konsekuensi hukum, setelah BBC menceritakan bahwa pengacara KBS telah menghubungi para korban, kami ingin memperjelas bahwa para pengacara adalah pihak yang bertanggung jawab sebagai perwakilan korban," sambungnya.

Atas permasalahan ini, KBS dengan tegas akan meminta meminta BBC memperbaiki kesalahan mereka melalui siaran pers resmi. Jika tidak, maka KBS tidak segan untuk membawa masalah ini ke jalur hukum.

"Kami menyampaikan penyesalan mendalam terhadap BBC, dan berencana meminta mereka memperbaiki kesalahan mereka dalam siaran pers. Jika tidak, kami akan mempertimbangkan opsi hukum," tandas pengacara KBS.

Sebelumnya, KBS menuai kecaman dari publik setelah film dokumenter tersebut menuduh bahwa pengacara dari pihak mereka telah menekan korban skandal Burning Sun untuk membatalkan tuntutan terhadap Jung Joon Young. Saat itu, Joon Young sedang sangat populer sebagai member "2 Days & 1 Night". KBS pun dituduh mengutus pengacara untuk mendukung pria itu.

Hingg artikel ini dirilis, belum ada keterangan apa pun dari pihak BBC. Lantas apakah BBC akan menyampaikan permohonan maaf kepada KBS? Atau justru membalas ancaman KBS dengan tak kalah tegas?

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait